Jules F. Warikar - Onesias Rumere Resmi Pimpin Supiori

Bagikan Bagikan
SAPA (JAYAPURA) – Pasangan Jules F. Warikar - Onesias Rumere yang terpilih dari jalur independen di Pilkada Serentak setahun lalu, akhirnya resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Supiori, Papua untuk periode tahun 2016 – 2021,  setelah dilantik  dan diambil sumpahnya oleh Gubenur Papua Lukas Enembe, Selasa (24/5).

Keduanya dilantik berdasarkan SK Mendagri No : 131.91-4677 2016 tentang pengangkatan  Bupati Bupati Supiori serta SK Mendagri  No: 132.91-4678 2016 tentang pegangkatan Wakil Bupati Supiori.

Usai melantik, Gubernur Lukas berpesan agar Bupati dan Wakil Bupati menjaga kekompakan hingga akhir masa jabatan. “Sebab hampir sebagian besar Bupati dan Wakil Bupati di Papua berseberangan. Jadi, saya berharap Bupati dan Wakil Bupati Supiori memposisikan diri sesuai UU dan jaga kekompakan,”kata gubernur.

Untuk itu dirinya berharap (bila ada masalah) diselesaikan dengan baik dan jangan dengan cara-cara yang tidak bagus.
Lukas mengapresiasi kepercayaan masyarakat yang memilih Jules Warikar sebagai pimpinan daerah untuk yang kedua kalinya, apalagi yang bersangkutan maju lewat kursi jalur independen.  Oleh karena itu, ia berharap kepercayaan yang diberikan masyarakat Supiori, dibalas dengan membuat satu kebijakan pro rakyat yang menyentuh hingga ke kampung-kampung.

“Saudara bupati terpilih meskipun sempat istirahat (tak menjabat) tapi terpilih lagi berarti masyarakat merindukan kepemimpinan bapak. Ini kali kedua menjabat sebagai Bupati dan menjadi periode terakhir, sehingga harus berbuat sesuatu yang terbaik untuk masyarakat,”pintanya.

Pada kesempatan itu, pihaknya  berharap dalam masa kepemimpinannya yang terakhir, Jules Warikar diimbau mulai mempersiapkan kader penerusnya, sehingga tak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

“Saya kemarin lantik Bupati Yahukimo yang baru, itu sampai rumah dinas (Bupati lama) toiletnya dicabut. Saya tiba bahkan 30 mobil yang ada sudah masuk di gudang, sehingga kita pakai mobil dinas (seadanya). Ini pemimpin tidak bagus. 10 tahun (Bupati yang lama) mengabdi mestinya bersyukur kepada Tuhan kemudian serahkan secara baik kepada penggantinya,”sesalnya.

Gubernur juga memerintahkan Bupati Jules Warikar, diminta segera mempersiapkan pendataan untuk mencatat jumlah penduduk asli. 

Acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Supiori, turut dihadiri Ketua DPR Papua, Bupati Biak Numfor serta pejabat TNI/Polri.

Usai pelantikan, Bupati dan Wakil Bupati terpilih selanjutnya mengikuti pesta rakyat di Lapangan Sorendiweri yang disesaki ribuan pendukungnya.

Diketahui Nama Jules F Warikar tentunya tak asing lagi karena sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Bupati Supiori. Namun terjerat kasus korupsi dana APBD dan ditangkap oleh KPK.

Bupati Jules pernah divonis Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepadanya, karena Majelis menganggap Warikar terbukti melakukan korupsi dana proyek infrastruktur Kabupaten Supiori, Papua, pada 2006-2008, sebesar Rp 36,58 miliar. (maria fabiola)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment