Kapolres Sebut Ada Provokator Bentrok di Timika

Bagikan Bagikan
Aparat Kepolisian Berupaya Menghalau Pergerakan Sekelompok Warga pada Rabu dini hari.
SAPA (TIMIKA) -  Kapolres Mimika AKBP H. Yustanto Mujiharso, SIK.,M.Si menyebutkan ada provokator dibalik bentrok yang terjadi  sejak Selasa (24/5) hingga Rabu (25/5) dini hari antara sekelompok warga Jalan Sam Ratulangi dan Jalan Busiri- Pattimura.

Kepada Salam Papua, Kapolres Yustanto mengatakan, provokator tersebut sengaja menyebarkan isu yang tidak benar hingga memancing emosi dua kelompok warga untuk melakukan penyerangan.

"Akhirnya menimbulkan reaksi massa yang susah dikendalikan. Kita dari kepolisian dan TNI sudah berupaya untuk menyekat kelompok yang bertikai, tapi disini kan lorong banyak, konsentrasi massa bukan satu titik saja, ditempat-tempat lain juga banyak. Dari sini mereka melambung ke tempat lain dan memancing lagi," jelas Yustanto, Rabu (25/5).

Yustanto meminta kepada semua warga untuk dapat menahan diri dan tidak terpancing dengan isu maupun informasi yang tidak benar. Jika warga tidak dapat menahan emosi, maka warga sendiri yang dirugikan dalam konflik ini, sebab dalam konflik tidak ada yang menang dan tidak ada yang diuntungkan.

"Kita colling down dulu hari ini, kemudian saya sudah koordinasi dengan wakil Bupati, nanti siang jam 12 kita undang semua tokoh dari kedua kubu yang bertikai, FKUB, komandan satuan TNI-Polri, Pemda, nanti kita diskusi bagaimana menyelesaikan masalah seperti begini," terang Kapolres.

Untuk mengamankan situasi ini, kata Yustanto kurang lebih 400 personil TNI- Polri disiagakan.

"Dari TNI tadi saya sudah koordinasi sama Dandim dan Kasbrig, nanti akan menambahkan dua pleton juga dari batalyon. Dari Brimob Yon A dan Yon B Polda Papua, turut dilibatkan untuk menambah kekuata,” kata Yustanto.(Saldi Hermanto/Muji)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment