Keunggulan Infrastruktur dan SDM Taruna Papua

Bagikan Bagikan
Suasana Belajar di Ruang Kelas Sekolah Taruna Papua. SAPA/ Irsul. P Aditra
SAPA (TIMIKA) - Taruna Papua, adalah salah satu sekolah berpola asrama yang berada di Kabupaten Mimika. Sekolah ini memiliki keunggulan tersendiri baik dari segi infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada didalamnya, baik pengajar maupun pembimbing. Sehingga kualitas belajar siswa-siswi tidak diragukan lagi.

Dengan luas lahan kurang lebih 10 hektar, sekolah ini dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui dana kemitraan yang dikelola Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK). Sekolah ini letaknya di Kampung Wonosari Jaya – SP IV, memiliki infrastruktur bangunan lama yang terdapat delapan ruang kelas dan digunakan untuk proses belajar mengajar siswa-siswi saat ini, mulai dari tingkat TK, SD dan SMP, serta memiliki 24 orang guru.

Selain sekolah, Taruna Papua juga memiliki lima bangunan asrama untuk tempat tinggal siswa-siswi selama menempuh pendidikan, dan memiliki 16 orang pembina untuk memantau dan mengajar siswa-siswi menjadi anak yang mandiri terlepas dari keluarga selama berada di Taruna Papua. Taruna Papua juga memiliki sejumlah fasilitas lainnya seperti  lapangan sepakbola, taman bermain, rumah melukis serta fasilitas yang dapat membina siswa-siswi menjadi berprestasi.

Pada sekolah Taruna Papua proses belajar mengajar berlangsung hari Senin hingga Jumat, dan dimulai pukul 07.15 hingga pukul 13.30 WIT. Untuk tahun ini, metode pembelajaran di Taruna Papua masih menggunakan KTSP 2016, direncanakan tahun depan akan dimulai dengan metode K-13. Namun dengan metode yang diterapkan pemerintah diatas, para guru juga memiliki metode pembelajaran tambahan yang juga diterapkan pada siswa-siswi disekolah ini, dan metode yang diberikan dianggap mampu untuk membentuk siswa-siswi anak tujuh suku.

“Belajar bermain gitar untuk menerapkan kemampuan mengajar kepada anak-anak, kami juga diberikan kebebasan memberikan kurikulum, mengajarkan anak mengenal tokoh dalam kurikulum, juga membaca artikel-artikel yang yang ada dalam koran,” jelas Friska Titi Nova selaku pustakawan pada sekolah asrama Taruna Papua.

Mungkin belum begitu banyak masyarakat yang mengetahui bahwa, di Kabupaten Mimika memiliki sekolah berpola asrama. Sekolah ini sudah tidak diragukan lagi, karena memiliki berbagai keunggulan yang dapat menghasilkan siswa dan siswi berprestasi, dan orang tua tidak perlu meragukan lagi, khususnya bagi orang tua siswa-siswi masyarakat tujuh suku yang ada di Kabupaten Mimika.

“Betul-betul tenaga yang tersedia sudah memang dibidangnya dan juga mempunyai pengalaman, sehingga saat langsung terjun menghadapi anak-anak disini, sudah memiliki suatu bentuk kesiapan untuk melaksanakan proses pembelajaran,” jelas Direktur Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP), Stefanus Budiyono. (red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar