Aksi May Day Diharapkan Tidak Ganggu Kamtibmas

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) - Kapolres Mimika AKBP Victor D Mackbon berharap agar aksi massa pada  may day 1 Mei 2017 nanti tidak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Mimika.

"Kalau ada unjuk rasa atau pengerahan massa, kami minta tidak mengganggu kamtibmas. Dan kami aparat keamanan siap mengamankan aksi tersebut,"kata Kapolres Mimika AKBP Victor Mackbon kepada wartawan setelah kegiatan Mimika Berdoa di Gedung Tongkonan,Jumat (28/4) pagi.

Kapolres mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat pemberitahuan penyelenggara aksi pada 1 Mei 2017 yang dilakukan oleh para karyawan. Dan informasi mengenai aksi 1 Mei tersebut hanya beredar di media sosial. Karenanya, pihaknya belum bisa memastikan jumlah orang yang melakukan aksinya.

Lanjutnya, karenanya pihaknya meminta pengerahan massa atau apapun aksinya diminta mematuhi kewajiban aturan undang-undang, terutama menjaga ketertiban umum. 

"Silahkan menyampaikan aspirasi, namun juga tidak menganggu ketertiban. Karena semua orang punya hak yang sama. Dan karena sampai sekarang saya belum menerima surat pemberitahuan, maka aksi tersebut kalau jadi dilakanakan itu disebut ilegal, dan kami akan tindak tegas," ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, dan karena saat ini tengah dilakukan pertemuan antara manajemen PTFI dan pengurus PUK SPKEP SPSI PTFI, maka diharapkan masing-masing pihak untuk menahan diri. Karena sampai saat ini belum ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

"Saya harap, semua pihak saling menahan diri tidak menonjolkan emosinya. Serta mengikuti mekanisme dan aturan yang sudah disepakati, dan saling menghormati. Dan kalau ada tuntutan sikahkan dilakukan dengan jalurnya,”tutur Kapolres.

Sementara Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Windarto kepada wartawan mengatakan, bahwa TNI siap mendukung aparat Kepolisian dalam melakukan pengamanan.

“Kami siap mendukung Kepolisian untuk mengamankan aksi 1 Mei kalau nantinya ada. Karena yang terpenting bagi kami, keamanan di daerah ini tetap kondusif. Karenanya, saya minta kepada semua pihak untuk saling menjaga dan menghormati hak-hak orang lain,”ungkapnya. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment