Dispendasbud Akan Gelar Lomba Masak Ibu dan Anak

Bagikan Bagikan
Jenni Ohestin Usmany
SAPA (TIMIKA) – Dinas Pendidikan Dasar  dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika akan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5) mendatang dengan menggelar lomba memasak, yang melibatkan para orang tua murid bersama anak-anak. Lomba ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh orang tua, bahwa peran penting orang tua dalam melibatkan diri dalam sistem pembelajaran anak sangat dibutuhkan.

Kadispendasbud, Jenni Ohestin Usmany  saat ditemui dalam kegiatan Workshop bersama para guru yang digelar di gedung Multi Purpose Community Center (MPCC) Jalan C Heatubun, Kamis (27/4) mengatakan, lomba tersebut ada kaitannya dengan program baru dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang membentuk Direktorat Pendidikan Keluarga, berfungsi agar ikut terlibat dalam prestasi murid disekolah. 

“Untuk itu, kami akan perkenalkan saat Hardiknas nanti. Dimana program ini, menunjukkan bahwa peran orang tua begitu penting dalam meningkatkan motivasi setiap anak  dalam belajar,”tuturnya.

Kata dia, pelaksanaannya akan dilakukan usai apel perayaan Hardiknas. Sehingga usai pelaksanaan kegiatan tersebut, selanjutnya pihaknya akan mensosialisasikan ke seluruh sekolah dan para guru, agar bisa menerapkan sistem pendidikan pendekatan orang tua dan anak tersebut.

“Untuk tempatnya masih disesuaikan, bisa saja di halaman Puspem atau ditempat lain. Yang jelas sekarang sudah banyak sekolah dan orang tua yang mendaftar,”tuturnya.

Diakuinya, bahwa selama ini dirinya selalu mengikuti program-program baru yang dicanangkan dari pusat. Sebab pengembangan pendidikan di Indonseia harus bisa disajikan secara bervariasi. Dengan demikian setiap tahunnya Kemendikbud selalu memunculkan metode-metode pembelajaran yang baru, khusus bagi sekolah dasar (SD).

“Saya diundang terus ke Pusat untuk mengikuti sosialisasi dari Kemendikbud. Kan semua program yang dicanangkan oleh Kemendikbud wajib diketahui oleh semua Kadispendasbud,”ujarnya.

Kata Jenni, melalui momen Hardiknas dan penerapan program Pendidikan Keluarga bisa melihat sejauh mana kedekatan dan kepekaan setiap orang tuan untuk membimbing tumbuh kembang setiap anaknya dalam bidan pendidikan.

“Orang tua itu kan guru pertama sebelum anak bertemu guru di sekolah. Apalagi untuk anak usia SD, sangat perlu adanya keterlibatan orang tua,”ungkapnya.

Jenni menambahkan, program itu dilaksanakan, dengan harapan setiap orang tua murid bisa lebih berperan aktif dalam memberikan motivasi kepada anak-anaknya. 

“Tingkat kelulusan  itu sekarang bukan dilihat dari peran murid saja, tapi peran orang tua juga sangat penting. Sehingga program dari Kemdikbud ini sangat mengharapkan peran orangtua kepada anak mereka,”ujarnya. (Acik N)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment