Mahasiswi Kebidanan Donor Darah di Hari Kartini

Bagikan Bagikan
Innah Gwijangge (kiri) mendampingi mahasiswinya melakukan donor darah di UTD RSUD Mimika
SAPA (TIMIKA) - Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura, Program Studi D3 Kebidanan Timika menggelar, aksi donor darah untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Jumat, 21 April 2017.

Kegiatan donor darah yang melibatkan dosen dan mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Timika ini digelar di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Mimika.

Ketua Prodi D3 Kebidanan Timika, Innah Gwijangge, M.Keb., MH.Kes, mengatakan, ada 60 mahasiswi yang mendaftar lalu discreening. Namun hanya 18 diantaranya yang dinyatakan sehat dan layak melakukan donor darah.

"Kita kartini-kartini masa kini,  ingin membantu warga yang membutuhkan tambahan darah, makanya kita gelar kegiatan ini," katanya di sela-sela kegiatan donor darah, Jumat (21/4).

Selain sebagai aksi sosial, kegiatan donor darah ini menurut Innah adalah bagian dari proses pembelajaran bagi para calon bidan. Kepekaan membantu orang lain ditanamkan sejak dari bangku pendidikan dan akan menjiwai dalam pelaksanaan tugasnya sebagai bidan profesional nanti.

"Kita terus melatih kepekaan mahasiswi membantu sesama, bahwa tugas mereka adalah tugas kemanusiaan," kata Innah.

Terkait Hari Kartini, ia menyampaikan bahwa perempuan Papua tak boleh ketinggalan. Saatnya perempuan Papua mengemansipasi diri agar berdiri sejajar dengan perempuan dari daerah lain.

"Saatnya kami jadi pemain bukan penonton, caranya lewat jalur pendidikan," ujarnya. (Sp)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment