Manajemen PTFI Hargai Rekomendasi Pemkab Mimika

Bagikan Bagikan
Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang ketika menyerahkan Rekomendasi yang diterbitkan Pemkab Mimika kepada EVP Sustainable Development PTFI, Sony Prasetyo.
SAPA (TIMIKA) - Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI) menghargai Rekomendasi yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Mimika menyusul belum adanya kesepakatan antara pihak manajemen dan serikat pekerja dalam pertemuan lanjutan yang berlangsung di Rimba Papua Hotel, Sabtu-Minggu (29-30/4).

"Rekomendasi dari Pemerintah Daerah ini menunjukkan bahwa, inilah hasil optimal yang bisa kita capai setelah dua kali berunding," kata EVP Sustainable Development PTFI, Sony Prasetyo saat diwawancarai di Rimba Papua Hotel, Minggu (30/4) dinihari.

Sony mengakui, rekomendasi ini tentu belum memuaskan manajemen maupun pengurus SPSI, akan tetapi ini yang terbaik, karena jika tidak ada rekomendasi, dan pertemuan terus berlanjut tentu tidak akan mencapai kesepakatan.

Lanjutnya, jika itu terjadi mungkin saja akan menimbulkan masalah baru.

"Lagi pula didalam rekomendasi itu, ada catatan bahwa kita akan tetap lakukan dialog selanjutnya untuk menemukan kesepakatan pada poin-poin yang belum kita sepakati bersama," tuturnya.

Rekomendasi ini sendiri dikeluarkan karena belum adanya kesepakatan terkait PHK dan tanpa PHK pada poin ketiga tuntutan SPSI.

Dijelaskan, manajemen PTFI bukannya ingin memPHK karyawan, hanya saja bagaimana agar segala sesuatu harus sesuai dengan pedomannya, dalam hal ini PKB-PHI, karena disitu sudah jelas mekanisme dan aturannya.

"Poin tanpa PHK ini belum kita sepakati bukan karena tidak ada tuntutan dari pihak manapun. Apalagi dari pekerja yang saat ini sedang bekerja," jelas Sony.

Menurutnya, perbedaan pendapat kedua pihak mengenai PHK dan Tanpa PHK, Sony optimis bahwa ini akan terselesaikan dengan diupayakan untuk menyatukan keduanya.

"Saya rasa wajar saja kalau ada perbedaan, karena masing-masing punya alasan untuk memperjuangkan usulan-usulannya," tutur Sony. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment