Pemilihan Calon MRP Asmat Bernilai Demokrasi Kultural

Bagikan Bagikan
Delapan Ketua FAR dan 12 orang pengurus FAR rapat bahas calon anggota MRP Dapil Asmat
SAPA (ASMAT) – Kepala Badan Kesbangpol Asmat, Ruland Yembise, S.Sos, M.Si, Ketua Panpil  calon anggota MRP Asmat, Yohanis Kawor, Sekretaris Badan Kesbangpol, Ir. Maximillian A.X. Apituley dan Ketua Panwas, IPDA, Sapali mengajak, warga untuk memetik nilai-nilai demokrasi yang hidup dan tumbuh dalam demokrasi kultural masyarakat  adat Asmat.

“Betapa luhurnya nilai demokrasi kultural yang hidup dan tumbuh dalam kehidupan sosial masyarakat Asmat. Saya bangga, tahapan pemilihan  calon anggota MRP dari Dapil Asmat yang butuh waktu dan menguras tenaga, ternyata, Ketua-Ketua Forum Rumput Adat (FAR) memberikan nilai demokrasi kultural, yang perlu kami pelajari dan diwariskan kepada anak cucu di neegri ini,” kata Ruland, Apituley, Sapali dan Kawor  menyikapi keputusan delapan Ketua FAR dalam rapat membahas calon anggota MRP Dapil Asmat  tanpa berbelit-belit bahas tahapan pemilihan calon anggota MRP Asmat, di ruang rapat Kesbangpol, Sabtu (22/4) siang.

Rapat yang diawali dengan kebiasaan membuka rapat dalam rumah adat Asmat itu dan dilanjutkan dengan Sekretaris Kesbangpol, Apituley,  Ruland, Kawor dan Sapali memberikan arahan dan berbagai persyaratan dalam tahapam pemilihan calon anggota MRP. Mereka menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua-Ketua FAR. 

“Kami hanya memfasilitasi, mensukseskan, mengawasi proses pemilihan calon anggota MRP Dapil Asmat. Untuk penentuan yang berperan penuh itu Ketua-Ketua FAR bersama masyarakat dari masing-masing FAR. Peran lain, panitia hanya menyediakan berkas dan persyaratan-persyaratan yang perlu diisi oleh calon yang ditentukan Ketua-Ketua FAR bersama masyarakat melalui musyawarah dan mufakat, itu saja peran kami,” kata Yembise dan Kawor.

Delapan Ketua FAR dari rumpun Bismam, Soter Suru,  Joerat, Marthinus Ndar,  Kenok,  Paulus Narip,  Unirsirau,  Herman Enem, Momuna, Linus Heluka,   Simai, Antonius Coso,  Betcbumb, Daniel Yomes dan  Safan, Elyeser Sarau serta 13 orang pengurus FAR, menyampaikan pandangan dan keinginan dari FAR bersepakat perwakilan dari rumpun Betcmbub, Simai dan Safan calon anggota MRP Dapil Asmat.

“Saya dengan hati  tulus ikhlas rumpun Kenok serahkan sepenuhnya kepada rumpun dari Dapil I dan II, yang mencalonkan anggotanya mewakil Dapil Asmat ke MRP. Kami hanya berharap, calon-calon ini bisa membawa aspirasi hak-hak dasar masyarakat asli Asmat di MRP,” kata Paulus Narip.

Sementara Ketua Rumpun Unirsirau, Herman Enem, Bisman, Soter Suru dan Momuna, Linus Heluka sependapat dengan pernyataan Ketua Rumpun Kenok. 

“Saya mewakili rumpun Unirsirau setuju dengan keputusan dari warga rumpun Kenok. Itu yang saya mau sampaikan juga disini. Kita butuh orang yang bisa bicara dan pasang badan untuk kepentingan masyarakat adat Asmat,” kata Enem.

Soter Suru dari rumpun Bisman menegaskan, pihaknya tidak hanya sepakat dari Dapil satu dan Dapil Dua yang menclonkan calon ke MRP dari Dapil Asmat. 

“Saya bukan hanya iklas untuk Dapil I dan II. Ini karena, dari rumpun Bismam sudah dua kali mendapat jatah duduk di MRP. Kali ini, saya serahkan sepenuhnya kepada Dapil I dan II yang mencalonkan anggotanya duduk di MRP. Siapa yang kamu jagokan, kami terima dengan lapang dada,” katanya disambut tepuk tangan meriah.

Menanggapi pernyataan sikap dari empat rumpun suku Bismam, Kenok, Momuna yang juga sepakat dan Joerat, Ketua FAR Betcmbub, Daniel Yomes dan Elyeser Sarau mengucapkan terima kasih kepada keempat rumpun suku tersebut. 

“Kami ucapkan terima kasih. Tetapi, kami minta forum ini berikan kami kesempatan Dapil Satu dan Dua mencalonkan orang-orangnya sesuai dengan persyaratan dan tahapan yang kita lalui dalam proses tahapanm pemilihan anggota MRP,” kata Daniel dan Elyeser.

Menjawab permintaan itu Koordinator Sekretariat Panpil MRP Dapil Asmat yang juga Kepala Badan Kesbangpol, Rulan Yembise dan Ketua Panpil, Yohanis kawor serta anggota Sekretariat Panpil, Apituley berkali-kali menyampaikan terima kasih. 

“Kita sepakat skor dulu rapatnya untuk memberikan kesempatan kepada ketua-ketua FAR dan anggotanya rapat membahas siapa saja yang dijagokan dari Dapil satu dan dua, bagaimana sepakat,” kata Apituley, Rulan dan Kawor.

Usai rapat diskor 30 menit, Sekretaris Badan Kesbangpol, Apituley membuka rapat dan mempersilahkan Ketua-Ketua FAR dari Dapil I dan II menyerahkan daftar calon anggota MRP. 

“Terima kasih nama-nama calon sudah ada dalam tangan kami. Mari kita kawal nama-nama ini dan mengisi berkas persyaratan pencalonannya. Semua calon harus berada di Asmat supaya mereka bisa mengurus seluruh persyaratan yang telah dipersyaratkan dalam pencalonan anggota MRP ini. Maka tugas bapa-bapa pastikan orang-orangnya ada di Asmat,” kata Apituley. 

Dari data yang dihimpun media ini, ada empat calon yang dijagokan ketua-ketua FAR itu memasuki tahapan mengisi berkas calon anggota MRP, diantaranya, Alfons TH. Senokos, Amandus Anakat, BA, Aram Senik dan Dr. Yulianus Payzok Aituru, SH, M.Sc. (Sergi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment