Pemuda Toraja Gelar Baksos di Kampus Biru

Bagikan Bagikan
Ketua IKT Mimika, Yohanis Bassang, foto bersama para pengurus dan panita Baksos PPTM di Pulau Kampus Biru, Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah
SAPA (TIMIKA) – Persekutuan Pemuda Toraja Mimika (PPTM) menggelar bhakti sosial (Baksos) dalam rangka hari raya Paskah yang dirangkaikan dengan kegiatan rekreasi di Pulau Kampus Biru, Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah, Senin (23/4). 

Ratusan pemuda Toraja dikoordinir Ketua Panitia, Anthonius Belo Datu, melepas kepenatan di sepanjang hamparan pasir pantai Kampus Biru, selepas membagikan paket sembilan bahan pokok (Sembako) dan pakaian layak pakai kepada masyarakat setempat. 

Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang, selaku Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Mimika beserta keluarga hadir dalam kegiatan ini. Dia menyempatkan diri hadir sekaligus sebagai kunjungan perdananya ke pulau yang memiliki potensi wisata itu. 

Di sela-sela kegiatan, Bassang mengatakan ingin agar pulau  masyarakat Suku Kamoro itu dikembangkan sehingga memiliki daya tarik wisata. Dia merestui jika pemerintah kampung setempat memanfaatkan Dana OMBAS atau Dana Desa mengelola kawasan ini.  

“Kalau bisa ini dijadikan tempat rekreasi. Setidaknya ada pondok atau rumah-rumah untuk ditempati di sini sementara. Kita warga Mimika memang sangat sulit mencari tempat rekreasi,” katanya. 

Ketua PPTM, Junika Amba, mengatakan kegiatan pemuda Toraja berbagi kasih dengan masyarakat pesisir ini diharapkan sekaligus menjadi awal berkembangnya kawasan itu sebagai tempat wisata. 

“Kalau ini bisa dikelola, saya yakin akan menjadi obyek wisata yang memiliki daya tarik dan kedepan menjadi sumber pendapatan masyarakat setempat maupun pemerintah daerah,” ujarnya. 

Menurutnya, daerah ini tidak memiliki tempat yang representatif untuk hiburan atau rekreasi yang terbuka bagi masyarakat. Karena itu, dia berharap pemerintah mengembangkan potensi wisata semacam ini untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Kemudian dengan hadirnya kita disana diharap menjadi suatu kabar bagi orang lain. Bahwa sebenarnya ada tempat yang bagus apalagi nanti kalau sudah dikelola dengan baik,” katanya. 

Kegiatan rekreasi tersebut dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan kembali pemuda Toraja dalam wadah PPTM. Terutama mengingat jumlah pemuda Toraja yang terus bertambah banyak dan diharapkan ikut berpartisiasi dalam setiap kegiatan PPTM. 

“Kita laksanakan suatu momen untuk mengajak mereka sebagai generasi yang perlu memahami keberadaan persekutuan ini. Harapan kami, teman-teman ini adalah generasi penerus kelanjutan persekutuan ini,” jelasnya. 

Selain diikuti ratusan pemuda, kegiatan baksos dan rekreasi tersebut disambut baik sejumlah tokoh masyarakat Toraja, terutama para ibu-ibu yang begitu antusias terlibat dalam kegiatan ini. 

“Pak wakil bupati sendiri sangat respek karena memang beliau belum pernah ke sana. Dengan hadirnya beliau, kita berharap itu mendapat perhatian lebih lagi untuk pengembangan kawasan tersebut sebagai tempat rekreasi atau wisata pantai,” tukasnya. 

Kegiatan Baksos ini didahului dengan ibadah singkat yang dipimpin Pdt Thomas Rombe. Hadir pula Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Yosafat Indarto, Kasat Polair Polres Mimika, Iptu Barnabas, Kadistrik Mimika Tengah, Moses Yarangga, dan Kepala Kampung Atuka, Blasius Tamekaupiyau. (Sp)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment