SKPD Didesak Laporkan Penggunaan Dana Wajib Mengikat

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You,S.Pd.,M.Pd.,MM meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Mimika yang menerima Dana Wajib Mengikat dari Pemerintah Provinsi (Pemrov) Papua, untuk segera melaporkan penggunaanya kepada Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) atau tim anggaran untuk kemudian dilaporkan kembali ke Provinsi.

“Apapun kegiatan yang dilakukan di SKPD dengan menggunakan dana tersebut harus segera dibuatkan laporannya. Jangan menunda-nunda, dan saya harap itu segera dilaksanakan,”kata Sekda Ausilius You ketika mempimpin apel pagi di halaman Kantor Sentra Pemerintahan, Jalan Cenderawasih, Poros SP 3, Jumat (28/4).

You mengatakan, khususnya kepada pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) dan bendahara harus saling berkoordinasi dalam mempertanggungjawabkan persoalan penggunaan anggaran, demikian juga dengan pimpinan SKPD harus selalu berkoordinasi aktif, agar tidak mengalami kesulitan ketika dimintai pertanggungjawaban.

“Kita sudah sering mengingatkan agar Pimpinan SKPD, bendahara, dan PPTK harus saling kerjasama,  supaya tidak mengalami kesulitan saat dimintai lapran keuangan,”ujar You.

Sementara menyangkut besaran atau todal Dana Wajib Mengikat yang didapatkan dari Pemprov Papua. Sekda menjelaskan, pihaknya mengakui tidak secara jelas berapa totalnya. Namun yang jelas, dana tersebut sangat membantu kebutuhan-kebutuhan yang bersifat sementara untuk keperluan khusus dalam pengoperasian disetiap SKPD. 

Lanjutnya, besar dan kecilnya jumlah dana yang diterima dan dikelola seharusnya tetap dipertahankan, sebab dana tersebut juga merupakan dana pembangunan daerah.

“Kalau sudah dapat harus langsung dipakai, kenapa harus simpan-simpan terus. Setelah itu segera dibuatkan laporan keuangannya,”ungkapnya. (Acik Nasma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment