Wabup Bassang Mengecek Absensi ASN

Bagikan Bagikan
Wabup ketika mengecek daftar hadir di DPU
SAPA (TIMIKA) – Wakil Bupati Mimika,Yohanis Bassang,SE.,M.Si pada Selasa (25/4) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Mimika. Tujuan dari sidak untuk mengecek absensi (daftar hadir) pada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Honorer atupun tenaga Kontrak pada setiap SKPD.

Sidak yang dilakukan usai memimpin apel pagi tersebut, dimulai dari Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes), Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kantor perijinan satu pintu terpadu (KPSPT), Bagian Hukum, Pertanahan dan Pemerintahan Kampung, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), dan Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud).

Dalam sidak tersebut juga Wabup menyalami seluruh staf dan para kepala dinas, badan, dan seksi, serta melakukan pengecekan seluruh ruang kerja berdasarkan tugas dan fungsi.  

Wabup yang didampingi oleh judan dan Kepala Bagian Protokol Setda Mimika, Kristin Walelang, menjelaskan, kunjungan ke setiap SKPD tersebut semata-mata untuk melakukan silahturahmi dan mengumpulkan seluruh daftar hadir. Sehingga dirinya bisa mengetahui ASN, honorer, dan tenaga kontrak yang rajin masuk dan mengikuti apel pagi, atau pun sebaliknya.

“Bapak dan Ibu santai saja, saya hanya ingin melihat-lihat keadaan kalian saja. Tidak perlu panik, karena ini agar kita semua bisa saling menyapa,”ujar Wabup Bassang ketika menyambangi kantor Inspektorat.

Wabup dalam kunjungan tersebut juga mengatakan, jika ada kepala dinas, badan, kabid, dan kasi yang melakukan perjalanan dinas keluar daerah harus menyampaikan surat ijin, agar tidak dinilai meninggalkan tugas. 

“Kalau ada surat ijin maka banyak hal yang menguntungkan. Dalam arti keberadaannya dan tujuannya bisa diketahui jelas. Tapi kalau tidak ada, maka semua orang akan bertanya-tanya kemana pegawai ini pergi. Dan resiko akan ditanggung sendiri,”tuturnya.

Wabup Bassang juga mengatakan, dan terkait dengan belum adanya kejelasan mengenai penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 bukan suatu alasan bagi ASN untuk tidak menjalankan tugas. Karena apapun keadaannya, ASN harus selalu ada ditempat tugas. Hal ini dikarenakan, ASN merupakan abdi negara yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“APBD belum ditetapkan bukan alasan ASN bermalas-malasan. Tapi harus berbuat seoptimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ini karena ASN adalah abdi negara,”ungkapnya. (Acik N)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment