Waterpauw Berpamitan Kepada TNI-Polri di Mimika

Bagikan Bagikan
Irjen Pol Paulus Waterpauw memimpin apel bersama TNI-Polri, yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Markas Komando (Mako) Batalyon Brimob B Polda Papua, di Mile 32, Jalan Agimuga
SAPA (TIMIKA) – Kurang lebih 14 tahun Irjen Pol Paulus Waterpauw bertugas sebagai anggota Polisi di Provinsi Papua. Dalam kurun waktu tersebut, selama hampir dua tahun Paulus Waterpauw menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, tepatnya dilantik pada 31 Juli 2015 lalu.

Selama dua tahun bertugas menjadi Kapolda Papua, kini Irjen Pol Paulus Waterpauw ditarik ke Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) sebagai Wakabaintelkam Polri. Dan sebagai penggantinya, Kapolri menunjuk Irjen Pol Boy Rafli Amar yang dulunya menjabat sebagai Kadiv Humas Polri. Dimana serah terima jabatan Kapolda Papua, akan dilakukan pada Jumat (28/4) di Mabes Polri.

Untuk mengakhiri jabatannya sebagai Kapolda Papua, pada Selasa (25/4) Irjen Pol Paulus Waterpauw memimpin apel bersama TNI-Polri, yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Markas Komando (Mako) Batalyon Brimob B Polda Papua, di Mile 32, Jalan Agimuga.

Apel bersama dihadiri semua komandan satuan Garnisun Mimika, Sekda Mimika Ausilius You, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika Alex Sumarna, dan Kepala Pengadilan Negri Timika Rely D Behuku, serta para perwira  dan anggota TNI-Polri.

Irjen Pol Paulus Waterpauw pada apel bersama tersebut menyampaikan, dirinya menjadi bertugas di Polres Mimika pada Februari 2003 lalu. Sehingga sampai dengan sekarang ini sudah 14 tahun bertugas di Tanah Papua. Dan dengan waktu tersebut, dirinya sangat mengenal dan paham dinamika sosial, serta permasalahan masyarakat di Papua.

"Tahun 2003 lalu, saya berdiri di lapangan Polres Mimika. Dan itu adalah pertama kali saya masuk di tanah Papua. Dan hari ini saya berdiri di lapangan Mako Brimob untuk mengakhiri masa tugas di Papua," kata Waterpauw saat memimpin apel bersama.

Waterpauw menjelaskan, selama hampir dua tahun menjabat sebagai Kapolda Papua, dirinya sangat mengapresiasi seluruh anggota TNI-Polri yang bertugas di Kabupaten Mimika. Yang mana selalu kompak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Waterpauw pada kesempatan tersebut, juga mengajak anggota Polres Mimika dan Brimob untuk bekerja dengan sifat rendah hati, bertindak sopan dalam melayani masyarakat, serta memiliki jiwa sosial tinggi dengan mengharapkan ridho Tuhan dan menjadikan jabatan sebagai amanah, bukan untuk mendholimi orang lain. 

“Sesulit apapun pekerjaan, apabila selalu kompak, maka bisa menyelesaikan dengan hati yang tenang,"kata Waterpauw.

Dikatakan, selama menjalankan tugas di Papua, tentunya banyak suka dan duka, serta banyak kekurangan yang pernah dilakukan. Karenanya, dirinya pada kesempatan ini meminta maaf kepada seluruh anggota TNI-Polri yang bertugas di Kabupaten Mimika.

" Saya pribadi dan keluarga meminta maaf atas segala perbuatan yang menyakiti anggota dan membuat kesalahan, baik secara langsung atau dan tidak langsung,"tuturnya.

Menyangkut dengan penggantinya, yakni Irjen Pol Boy Rafli Amar, Waterpauw mengajak seluruh anggota Polri dan TNI serta masyarakat untuk mendukungnya. Apalagi penggantinya nanti sangat baik dalam hal komunikasi, terbukti dengan jabatan terakhirnya sebagai Kadiv Humas Polri. Sebelumnya Boy Rafli Amar pernah bertugas di Polda Papua sehingga sudah mengetahui karakter,kultur budaya Papua.

"Dukung Kapolda baru. Baik dan buruk, kelebihan, dan kekuarangan yang telah rekan-rekan alami selama masa kepempinan saya, jadikan pengalaman. Jangan pernah membandingkan, itu tidak boleh. Karena setiap pemimpin memiliki gaya dan karakter masing-masing, tapi tujuannya tetap sama," pesan Waterpauw.

Beberapa waktu belakangan ini, Waterpauw memang menghabiskan banyak waktu  berkeliling Papua. Ia mendatangi dan berpamitan kepada para tokoh serta kesatuan TNI-Polri di setiap wilayah. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment