20 DAMIU Dapat Rekomendasi Halal MUI Mimika

Bagikan Bagikan
Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ustadz H.M Amin Ar, S.Ag saat menyerahkan rekomendasi halal kepada pemilik DAMIU
SAPA (TIMIKA) – Sebanyak 20 Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) di Timika mendapatkan rekomendasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika. Pemberian rekomendasi dilakukan pada tarhib Ramadhan, sekaligus peresmian Gedung Serba Guna Ar Rahman, pada Kamis (25/5).

Ketua MUI, Ustadz H. M. Amin, Ar, S.Ag saat diwawancarai Salam Papua mengatakan, MUI tidak mengeluarkan rekomendasi halal begitu saja, akan tetapi dikeluarkan berdasarkan proses evaluasi dan verifikasi yang dilakukan oleh MUI.

"Salah satu kriteria yang masuk tahap verifikasi MUI adalah tabung air yang digunakan, sudah memenuhi standart MUI dan BPOM atau belum?" tutur Amin.

Ia menyebutkan, dalam Islam ada tiga jenis air diantaranya air bersih dan membersihkan, air bersih tapi tidak membersihkan dan air mutalais bernajis.

"Berdasarkan ini jadi kita periksa dari hulu ke hilir," katanya.

Dijelaskan, di Timika sendiri ada ratusan pemilik usaha depot air minum isi ulang, akan tetapi MUI belum melakukan pemeriksaan, sehingga Ia berharap agar mereka dapat melaporkan tempat usahanya untuk diperiksa dan juga mereka bisa terbuka saat dilakukan pemeriksaan. Karena tujuan dari pemeriksaan yang dilakukan oleh MUI adalah untuk menghilangkan keraguan.

"Ada 40 depot yang kita periksa dan 20 tidak memenuhi standar. 20 lainnya yang memenuhi standar ini yang dberikan rekomendasi halal," jelasnya.

Ia menambahkan, rekomendasi halal yang diberikan kepada 20 depot ini tidak berarti bahwa yang tidak menerima rekomendasi halal tidak boleh diminum.

"Ini hanya ada keraguan karena belum diperiksa. Pemeriksaan juga kami lakukan bersama salah dokter hewan yakni Didi Nugroho," tambah Amin. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment