APBD Ditetapkan Juni, Pemkab Utamakan Program Prioritas

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Yohanis Bassang, SE., MSi., mengungkapkan, jika Tuhan berkenan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 ditetapkan pada Juni-Juli mendatang, maka harus mengedepankan program pembangunan yang mudah dikerjakan. Sedangkan untuk program yang sulit dijangkau akan di masukan dalam anggaran 2018.

“Kalau sampai APBD ditetapkan Juni atau Juli, itu sudah sangat terlambat sekali. Karena itu saya usulkan, lebih baik usulan program kerja itu tidak usah yang muluk-muluk. Kita bikin yang bisa kita selesaikan di 2017 saja,”kata Bassang, ketika melakukan diskusi bersama beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Halaman Kantor Sentra Pemerintahan, Jalan Cenderawasih, Poros SP 3, Distrik Kuala Kencana, Rabu (3/5).

Dijelaskan, jika memang program yang harus  menggunakan waktu dan mobilisasi jarak yang cukup jauh, sebaiknya tidak diusulkan karena akan menjadi sia-sia dan percuma. Untukitu, setiap kepala SKPD harus memperhatikan pengusulan program agar tidak dinilai mubasir, sebab harus berakhir tanpa adanya penuntasan atau pencapaian 100 persen.

“Harus bisa ditargetkan. Kalau memang sulit dijangkau, lebih baik dibatalkan saja. Sebaiknya program yang  menggunakan jangka waktu lama dimasukkan pada program tahun 2018,” katanya.

Untuk itu, setiap SKPD sebaiknya lebih melakukan koreksi kembali dengan program-program yang sangat jauh kemungkinannya untuk dapat terserap anggarannya secara keseluruhan.

Menanggapi usulan Wabup tersebut, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika, Petrus Yumte mengatakan, jika pihaknya  sangat menyetujui usulan Wabup dan pihaknya pun telah melihat dan mempertimbangkan.

 “Pak Wakil itu betul sekali, mengingat memang kita sudah sangat terlambat, ditambah dengan situasi Freeport sudah sangat terpengaruh. Kami juga sudah mulai melihat hal itu, biar kita punya program itu tidak sia-sia,”ungkap Yumte. (Acik N)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment