Area Operasional Freeport Masih Kondusif

Bagikan Bagikan
Area operasi PT Freeport Indonesia
SAPA (TIMIKA) – Meski aksi mogok tengah dilakukan para pekerja PT Freeport Indonesia (PTFI) yang tergabung dalam Persatuan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK SPKEP SPSI PTFI), sejumlah aktifitas di area PTFI hingga kini masih normal dan situasinya masih kondusif. Bahkan beredarnya isu terkait tindakan intimidasi terhadap pekerja, hal itu ternyata tidak benar.

“Seperti yang diharapkan, yang bekerja tetap melaksanakan pekerjaan, aktifitas dan produksi berjalan seperti biasa, tidak ada kendala," kata Kapolres Mimika, AKBP Victor Dean Mackbon di Timika, Selasa (2/5).

Dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kepolisian telah menyiapkan tim Quick Respon bertugas merespon jika sewaktu-waktu menerima laporan adanya tindakan intimidasi terhadap pekerja. Bahkan para pekerja telah di informasikan nomor kontak yang harus dihubungi jika mengalami tindakan intimidasi.

"Sejauh ini masih isu, dan kita sudah sampaikan saat May Day kemarin agar tidak ada pemaksaan. Itu juga sesuai rekomendasi dari pemerintah daerah,” kata Kapolres.

Bahkan, pjs Ketua PUK SPKEP SPSI PTFI telah menyampaikan kepada awak media meskipun ada sekitar 8.000an pekerja PTFI yang melakukan mogok, dan jumlahnya sewaktu-waktu bisa bertambah, pihaknya tidak menginginkan adanya tindakan intimidasi seperti yang diisukan belakangan ini.

“Tidak ada aksi intimidasi atau pemaksaan terhadap pekerja untuk ikut mogok," kata Mika Taraudu dilapangan Timika Indah usai mengikuti aksi May Day, 1 Mei kemarin. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment