ASN di Puspem Mimika Diminta Jaga Kebersihan Toilet

Bagikan Bagikan
Petronela Uamang
SAPA (TIMIKA) – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, diharapkan menjaga kebersihan, khususnya toilet umum. Hal ini dikarenakan, kondisi toilet umum di Puspem Mimika terlihat jorok dan kotor.

Kepala Bagian Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Petronela Uamang ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis (4/5) mengatakan, mengingat Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) merupakan Kantor Pemerintahan tertinggi Kabupaten Mimika, dengan demikian kebersihan lingkungan khusus Toilet umum perlu diperhatikan dan menjadi tanggungjawab bersama seluruh pengguna, dalam hal ini pegawai lingkup kantor Puspem.

Lanjutnya, meski tanggungjawab penanganan kebersihan dan pengadaan peralatan merupakan tugas Bagian Umum. Akan tetapi menjaga pemakaian dan menjaga kebersihan merupakan tanggungjawab bersama.

“Memang pengadaan pelengkapan, kebersihan, termasuk area toilet itu tugas kami. Tapi untuk kebersihan, saya rasa itu kepekaan bersama. Karenanya, saya harap kerjasama dan pengertian bersama, karena kantor ini juga rumah kita,”ujarnya.

Dijelaskan, khusus untuk Gedung A merupakan tempat bagi Pejabat tinggi dalam lingkup Pemda, seperti Bupati, Wakil Bupati, Setda, Asisten, dan Staf Ahli. Dengan demikian sangat diharapkan kepedulian bersama yang dimulai dari hal kecil, seperti tidak membuang puntung rokok, ludah, dan ampas pinang ke dalam kloset termasuk wastafel.

“Memang petugas kebersihan selalu aktif kerja. Tapi kalaupun ada petugas, terus kita sebagai pemakai peralatan tersebut tidak bisa menjaga bersama, maka sama saja bohong,”tuturnya.

Dirinya menambahkan, tahun ini pihaknya tidak memilki wacana perbaikan peralatan khusus toilet, akan tetapi hanya sebatas perwatan. Sebab dirinya menilai peralatan toilet yang telah disediakan sudah sangat kuat dan berkualitas tahan lama, sehingga tidak diperlukan penggantian. 

“Untuk tahun ini kita tidak ada pengadaan, tapi perawatan saja,”tuturnya. 

Hal yang sama juga pernah dikeluhkan  oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemda Mimika, Ausilius You saat diwawancarai Salam Papua, Rabu (25/1) lalu di mana Sekda You mengatakan, kondisi kamar kecil di lantai tiga sangat jorok dan beraroma amis.

“Kita juga ada petugas kebersihan, tetapi bukan hanya kepedulian petugas kebersihan saja, karena yang namanya kebersihan itu tanggungjawab semua orang,”ujar You. (Acik N)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment