Berbagai Lomba Meriahkan Peringatan Hardiknas ke 109

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA)Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke-109, Selasa (2/5) menggelar berbagai lomba, seperti lomba memasak kuliner nusantara, mewarnai tingkat TK, baca puisi Bahasa Inggris tingkat SD, dan pidato tingkat SMP.

Pelaksanaan berbagai lomba tersebut dilaksanakan usai upacara bersama dalam rangka memperingati Hardiknas ke 109 di Lapangan Upacara Puspem Mimika. Dimana dalam lomba tersebut diikuti dari tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP se Kabupaten Mimika, dengan melibatkan guru, orang tua, dan murid.

Perayaan Hardiknas ini, kami meriahkan dengan berbagai atraksi dan perlombaan. Sehingga bisa menambah semangat dalam perayaan ini,”kata Kadispendasbud Mimika, Jenni Ohestin Usmany saat diwawancarai usai pelaksanaan apel.

Kata dia, berbagai lomba yang digelar ini bukan sekedar mengisi perayaan Hardiknas dan hiburan. Tetapi, perlombaan tersebut telah diatur dalam kurikulum pendidikan tahun 2013, yang mengedepankan kedekatan antara orang tua dan anak. Sehingga melalui perlombaan-perlombaan tersebut bisa menjalin kedekatan antara orang tua dan anak.

Diakui, meski secara nyata bukan sebagai orang tua kandung yang langsung terlibat bersama dalam perlombaan tersebut. Namun guru juga bisa mewakili orang tua kandung, dengan tujuan menciptakan kedekatan antara guru dan murid.

“Kita lihat sendiri saat lomba antara guru dan muridnya itu tidak ada jarak. Sehingga anak-anak bisa merasakan, bahwa guru bisa berperan sebagai orang tua mereka,”tuturnya.

Jenny menambahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah membentuk Dirjen Pendidikan Anak. Dengan adanya Dirjen baru ini, maka masuk tahun ajaran baru, sistim pendidikan akan lebih mengedepankan peran orang tua untuk terlibat dalam mengikuti perkembangan pendidikan anak-anaknya.

Lanjutnya, karenanya dalam peringatan Hardiknas ini, pihaknya menyelenggarakan lomba yang bertujuan untuk membangun kedekatan antara orang tua dan para  guru, bersama para murid. Sehingga kedepan diharapkan, bisa mengetahui sejauh mana kemampuan dan perkembangan anak-anak dalam dunia pendidikan, khususnya pelajaran-pelajaran yang diterapkan di sekolah.


“Saya sudah sering mensosialisasikan program kedekatan, orang tua, guru, dan murid ini. Dan melalui lomba ini, bisa lebih memantapkan program dari pusat ke daerah,”ungkapnya.(Acik N )
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment