Berkas Pembunuhan Wanita di SP 6 Diserahkan ke Kejari

Bagikan ke Google Plus
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) - Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si melalui Kasat Reskrim AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan, SIK menyampaikan bahwa penyidik Polres Mimika telah mengirim berkas tahap satu kasus pembunuhan almarhumah Siti Deli Rumatiga yang terjadi di Kampung Naena Muktipura – SP 6 pada Minggu 14 Mei lalu. 

“Berkas tahap satu sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika pada Minggu lalu, jadi kita masih petunjuk Jaksa," kata Dion di Kantor Pusat Pelayanan Polres Mimika, Jalan Cenderawasih, Selasa (30/5).

Terkait kasus pembunuhan ini, dari pihak penyidik telah memeriksan sebanyak delapan orang saksi. Dan dari keterangan para saksi, dikatakan Dion, keterangan mengarah kepada tersangka IY yang sebelumnya sudah diamankan namun masih berstatus sebagai saksi. Dari pemeriksaan para saksi kemudian IY ditetapkan sebagai tersangka atau otak sekaligus pelaku pembunuhan terhadap korban.

“Dari pemeriksaan para saksi, semuanya telah di BAP dan semuanya telah lengkap sehingga dilakukan tahap satu,” kata Dion.

Sebelumnya diketahui bahwa pembunuhan sadis yang menghilangkan nyawa korban terjadi di Jalur 3 Kampung Naena Muktipura - SP 6 sekira Pukul 10.00 WIT, Minggu 14 Mei 2017 lalu. Pembunuhan itu dilakukan pelaku kepada korban lantaran sakit hati dituduh mencuri telepon genggam milik korban. 

“Pelaku IY awalnya hanya ingin memukul korban sebagai pelampiasan sakit hati, namun pada saat pelaku memukul korban, dalam keadaan emosi, sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia,” jelas Dion.

Pelaku dijerat dengan Pasal 338 KUHPidana Subsider Pasal 351 ayat 3 dengan ancaman penjara 15 tahun, karena melakukan pembunuhan secara berencana. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment