BNNP Papua Mendapati Dua Orang Positif Narkoba

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Hasil Operasi Bersinar yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua, yang menggandeng BNNK Mimika, dan Polres Mimika pada Rabu (17/5) malam, dengan sasaran tempat hiburan malam (THM) dan  cafe di Timika, dua orang positif sebagai pengguna narkoba jenis sabu. Terbuktinya dua orang sebegai pengguna narkoba, setelah dilakukan tes urin.

Dua orang yang positif narkoba merupakan pekerja THM dan pengunjung. Dan selain dua orang tersebut, petugas juga mendapatkan dua orang dengan yang diindikasikan sebagai pengguna obat-obatan yang masuk dalam daftar G, seperti dextro.

"Dua orang yang positif narkoba jenis sabu, kita lakukan pemeriksaan. Selanjutnya, kami akan memberikan pembinaan kepada yang bersangkutan,"kata Kepala BNNP Papua, Brigjen  Pol  Drs. Bambang Budi Santoso melalui Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Papua, AKBP Muh  Safei AB, SE di Kantor Pelayanan Polres Mimika setelah kegiatan tersebut.

Kata dia, kegiatan ini dilakukan disemua THM dan rumah bernyanyi di Timika. Dimana operasi ini diberi nama Operasi Bersinar, dan operasi ini tidak hanya di Mimika, tetapi di tiga kabupaten lainnya seperti Merauke, Nabire, dan Biak. Dan operasi ini bertujuan untuk menekan angka orang-orang yang diduga mengunakan narkotika. Apabila saat operasi ini nantinya ditemukan pengguna narkotika, selanjutnya akan dilakukan tindakan lebih lanjut.

“Apabila dalam kegiatan ini ditemukan orang-orang yang positif mengunakan narkoba, maka akan ada langkah selanjutnya,” katanya. 

Jika ditemukan pengguna pemula, maka akan dilakukan rawat jalan. Apabila kategorinya pecandu berat, akan ditempatkan pada tempat khusus atau rehabilitasi dengan jangka waktu kurang lebih enam bulan, seperti di Makassar, di Lido atau di Kalimantan. 

Operasi ini dikatakan Syafei bahwa sudah mulai dilakukan sejak bulan Januari, dan masih berjalan hingga saat ini.

“Pada saat operasi, sasaran kita tidak hanya pekerja THM, tetapi semua orang yang ada di dalam termasuk pengunjung. Untuk di Mimika tidak ada kesulitan, karena sudah ada BNNK. Ini merupakan program dari BNNP Papua dan dilakukan secara acak,” jelasnya. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment