Bupati Mimika Hadiri Lounching Smart City

Bagikan ke Google Plus
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH., bersama kepala daerah dan wali kota lainnya saat menandatangani MoU
SAPA (TIMIKA) – Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE,MH, menghadiri lounching program Gerakan Menuju 100 Smart City yang diprakarsai Kementerian Informasi dan Komunikasi bekerja sama dengan Kemendagri, Kementerian PU, Kementerian PPN/Bappenas dan Kompas Gramedia di Hotel Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan,  Senin (22/5).

Dalam acara yang dihadiri 25 kabupaten dan kota yang terpilih sebagai Smart City pada tahap pertama tersebut, Bupati Mimika ikut menandatangani MoU dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi bersama seluruh kepala daerah dan kota terpilih.

“Saya sangat menyambut baik program ini, karena  betujuan lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat kita di Mimika,” kata Bupati Omaleng.

Dijelaskan, era globalisasi saat ini memberikan tantangan tersendiri bagi kepala daerah untuk saling berkompetisi dan berinovasi dalam memajukan daerahnya, terlebih dalam pemanfaatan  teknologi informasi mutakhir. Selain kesiapan infrastruktur dan sarana pendukung, kualitas sumber daya manusia (SDM) juga tidak kalah penting.

“Sinkronisasi data ke dalam satu sistem terpadu, sehingga dapat diakses dangan baik. Dengan demikian segala bentuk data yang selama ini masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus bisa diintegrasikan dalam sistem smarcity tersebut,” kata Bupati Omaleng.    
                    
Menteri Kominfo Rl, Rudiantara dalam sambutannya  mengatakan kehadiran Smar City harus semakin mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan nilai tambah bagi daerah serta memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Sehingga potensi yang dimiliki daerah dapat diakses dan dipublikasikan secara baik, guna mendorong percepatan kemajuan daerah.

Sebelumnya pekan lalu Pemkab Mimika melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) telah membuat terobosan baru dengan fasilitas video conference. Saat peresmian fasilitas ini dilakukan dialog live antara Bupati Mimika dengan kepala distrik dan  masyarakat di Atuka Mimika Tengah.

“Hal ini harus terus didorong agar disetiap distrik di kabupaten Mimika dilengkapi dengan fasilitas serupa,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, terobosan-terobosan tersebut sangat memberikan kemudahan dalam pelayanan, laporan, evaluasi tentang berbagai program kegiatan pemerintah. Bupati bisa langsung mengecek kondisi di lapangan tentang pelayanan dan progres pembangunan masing-masing SKPD di wilayah distrik.

Disisi lain, bupati juga bisa mengecek langsung keberadaan para aparat ASN yang bertugas di distrik, baik itu guru dan tenaga medis, pemerintah kampung dan yang lainnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment