Bupati Mimika Resmikan 22 Gedung Kesehatan

Bagikan Bagikan
Bupati Resmikan Puskesmas Timika Jaya
SAPA (TIMIKA) – Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE, MH meresmikan 22 gedung kesehatan terdiri dari 12 Puskesmas, enam Puskesmas Pembantu (Pustu), tiga pelayanan KB dan satu gedung Instalasi Farmasi Kabupaten Mimika, Rabu (17/5). 

Acara peresmian yang dipusatkan di gedung baru Puskesmas Timika Jaya, Jalan Cenderawasih SPII  ini dihadiri oleh sejumlah Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Mimika (Pemkab) Mimika dan juga perwakilan staf dari seluruh gedung baru yang juga ikut diresmikan secara simbolis.

Dalam sambutannya Bupati Omaleng mengatakan sangat mengapresiasi pembangunan Puskesmas Timika Jaya karena sangat sesuai dengan harapan dan keinginan pemerintah, yang mana gedung puskesmas terlihat jauh lebih baik dari pada gedung sebelumnya.

Bupati mengungkapkan, sangat menginginkan puskesmas maupun gedung kesehatan lainnya di Mimika ini bisa bersaing dengan puskesmas maupun rumah sakit yang di kota-kota besar seperti di Jakarta. Dengan demikian, masyarakat yang sedang sakit saat berkunjung ke Puskesmas, bisa langsung sembuh karena keadaan Puskesmas yang bersih dan pelayanan yang ramah.

“Saya tidak mau itu kalau puskesmas kita masuk sudah bau obat, nanti orang sakit bukan sembuh malah jadi lebih parah sakitnya,” kata Bupati Omaleng.

Sementara iu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Philipus Kehek dalam sambutannya menjelaskan, pada tahun anggaran 2015-2016 telah dibangun enam bangunan Puskesmas di Amar, Alama,  Hoeya, Manasari, Kwamki Narama dan pekerjaan tahap pertama Puskesmas Timika Jaya  yang menggunakan Dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar Rp 6,1 miliar. 

Sedangkan ditahun 2016, jelas Philipus telah dibangun tiga Puskesmas di Wania, Bintuka dan Limau Asri dengan menggunakan dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 6,5 miliar. Selain itu juga digunakan dana sebesar Rp1 ,9 milar dari APBD 2016 untuk pembangunan tiga Puskesmas Pembantu di Mapuruka, Opitawak dan Jenggelo.

Menurut Philipus, masih banyak lagi pembangunan di 2016 yang telah selesai dan juga turut diresmikan hari ini oleh Bupati Mimika diantaranya Puskesmas Jileale, Pasar Sentral, Agimuga, Gedung Instalasi Farmasi Kabupaten Mimika, Tiga Pustu Baru Di Amugagom dan Karya Kencana Mil 32 Dan Yaraya.

“Jadi total dana yang digunakan untuk pembangunan sejak tahun 2015 lalu itu Rp  35.726.574.500,“ kata  Philipus.

Kepala Puskesmas Timika Jaya, Dokter Mosez Untung mengatakan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membangun sarana prasarana pelayanan dasar dan infrastruktur  adalah butir pertama dan butir keenam misi pembangunan Kabupaten Mimika tahun 2014-2019. Pembangunan Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Pelayanan KB dan Gedung Instalasi Farmasi merupakan salah satu perwujudan Rencana Perwujudan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2019.

Ia menjelaskan, khusus di Puskesmas Timika Jaya, telah dibuka pelayanan 12 jam secara lengkap dimulai dari Loket Pendaftaran, Poliklinik, Pelayanan Laboratorium, Apotek dan Dokter yang tersedia mulai jam 08.00 sampai 20.00 WIT disetiap hari kerja. 

Menurutnya inovasi ini memberikan manfaat dan dampak yang sangat besar bagi masyarakat maupun kinerja puskesmas dengan rata-rata peningkatan kunjungan pasien mencapai 50persen pada enam bulan terakhir 2016 dan 113 persen pada trimester pertama 2017 jika dibandingkan dengan sebelum pelayanan 12 jam. 

Selain itu, dengan adanya gedung baru juga meningkatkan kunjungan bagi ibu hamil yang siap melakukan persalinan dari rata-rata 14 kunjungan perbulan di gedung lama meningkat menjadi 114 persen dengan 30 persalinan di gedung baru.

“Ini merupakan tanggung jawab kami sebagai ujung tombak dibidang pembangunan kesehatan terhadap program pemerintah yang telah menjamin kesehatan melalui JKN-KIS oleh Pemerintah Pusat, Kartu Papua Sehat (KPS) oleh Pemerintah Proovinsi dan Program Jamkesda-Mimika Sehat oleh Bupati Mimika,” jelas Mosez. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment