Disdukcapil Diminta Mutakhirkan Data Penduduk

Bagikan Bagikan
Derek Motte
SAPA (TIMIKA) - Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika, Divisi Teknis, Derek Motte meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) agar memberikan data jumlah penduduk Mimika yang berhak memberikan hak suara dalam penyelenggaraan Pemilukada. Dalam arti, yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Jadi bulan Juni nanti, kita sudah masuk dalam tahapan. Karenanya, kami minta kepada Disdukcapil untuk melakukan pemutakhiran data," kata Derek Motte kepada Salam Papua di Hotel Serayu, Jalan Yos Sudarso, Selasa (2/5).

Derek menjelaskan, dalam tahapan Pemilukada akan didahului dengan pemutakhiran data penduduk. Dari data ini nanti, maka KPUD Mimika akan mengeluarkan Data Pemilih Sementara (DPS) dan dilanjutkan kepada penetapan Data Pemilih Tetap (DPT).

"Jadi kami minta Disdukcapil untuk segera berikan data jumlah penduduk, sehingga bisa dilakukan penetapan DPS dan DPT,”terangnya.

Ia menambahkan, dari tahapan tersebut pihaknya sudah menyurat beberapa kali ke Disdukcapil untuk meminta data penduduk tersebut. Namun hingga saat ini, data tersebut belum diberikan oleh Disdukcapil dengan berbagai alasan.

Lanjut Derek, apabila Disdukcapil telah menyerahkan data tersebut, maka pihak KPUD Mimika akan turun langsung ke 18 Distrik, 9 Kelurahan, dan 152 Kampung yang ada di Mimika, untuk mencocokan data tersebut.


"Kami minta, agar Disdukcapil untuk segera memberikan data penduduk. Agar kami bisa langsung turun lapangan, untuk mencocokkan data tersebut,”ungkapnya.(Ricky Lodar)                        
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment