Dishubkominfo Sejahterakan Masyarakat melalui Transportasi dan Komunikasi

Bagikan ke Google Plus
Bupati saat meninjau Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP)
SAPA (TIMIKA) – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Kabupaten Mimika terus berperan aktif dalam rangka mendukung pembangunan dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Mimika, hal ini ditunjukkan dengan meningkatkan sarana transportasi dan komunikasi di daerah pinggiran, pesisir dan pegunungan di Mimika.

“Kami akan tetap berusaha melayani masyarakat untuk meningkatkan akses transportasi dan komunikasi. Kami juga tetap memperhatikan kenyamanan pemerataan pelayanan transportasi sampai daerah terpencil,” kata Kepala Dishubkominfo, Jhon Rettob dalam sambutannya, pada Acara peresmian sejumlah fasilitas pembangunan Dishubkominfo yang dipusatkan di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelabuhan Rakyat (UPTD Pelra) Poumako II, Kamis (18/5).

Jhon menjelaskan, pembangunan khsusunya untuk akses transportasi di Mimika khususnya bukanlah hal yang mudah mengingat kondisi medan yang cukup berat. Sebagai daerah yang cukup luas dengan masyarakat yang mendiami daerah pegunungan dan pantai, Dishubkominfo terus berupaya dalam memberikan pelayanan transportasi dan komunikasi, kami harap dapat diterima di daerah terpencil.

Ia menjelaskan, sejumlah fasilitas yang telah selesai dikerjakan dan telah diresmikan diresmikan diantaranya Pengoperasian Sarana dan Prasarana pelabuhan penyebrangan di Pomako-Kokonao, Kapal Penyebrangan KMP Roro atau yang lebih dikenal KM Kokonao, alur pelayaran sungai kali IPA dan kali Kekwa, Gedung Kantor UPTD Pelra Poumako II, Menara BTS Telkomsel di Atuka, serta pengoperasian Trayek Perintis Angkutan Pedesaan dari Timika-SP VI, Timika-Iwaka dan Timika-Kali kamora. 

“Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan, kami membuka jaringan  baru dan membuka isolasi daerah, baik laut darat dan udara yang tentunya nerpihak dan membantu masyarakat. Sekarang ini transportasi darat laut dan udara yang sudah ktia kerjakan rata-rta bertarif sangat jauh dari tarif sebelumnya. Salah staunya, dulu itu masyaakat kalau mau ke SP VI harus bayar Rp50 - Rp100 ribu, sekarang dengan adanya kerjasama antara Dishubkominfo dengan Perum Damri, mereka hanya bayar Rp5 ribu saja,” jelas Jhon.

Lanjtu Jhon, saat ini Dishub juga sedang melakukan studi master plan (rencana induk) untuk pembangunan pelabuhan-pelabuhan yang akan dibangun dengan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mimika, APBD Provinsi maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
“Pelabuhan kapiraya, Potowayburu, Ipaya, Manasari, SIpu-sipu dan fakafuku akan dibangun tahun ini, Sipu-sipu akan dibangun oleh Provnsi dan Fakafuku akan dibangun oleh pemda Mimika,” Ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE., MH yang meresmikan fasilitas-fasilitas tersebut, dalam sambutannya mengatakan potensi Kabupaten Mimika dalam sektor Perhubungan baik itu transportasi, komunikasi maupun perdaganagan sangat strategis dengan wilayah yang terletak sebagai daerah penyanggah beberapa kabupaten di daerah pegunungan dan beberapa daerah di Papua bagian selatan. 

“Jadi kita fokus untuk bangun infrastruktur perhubungan baik di laut, udara maupun darat sebagai jalur masuk perdagangan dan industri,” kata Bupati. 

Bupati mengungkapkan, semua yang dilakukan merupakan arahan dari program nawacita Presiden Republik Indonesia dalam perkembangan Jembatan Udara dan Tol Laut di Papua, dengan demikian Ia mengatakan jika peran dari Perhubungan sangat penting untuk menunjang segala bentuk sarana dan prasarana di suatu daerah. Ia mengharapkan agar masyarakat bisa mendukung apa yang telah dibangun oleh pemerintah dengan menjaga dan merawat setiap fasilitas yang telah dibangun agar dapat digunakan dengan baik demi kepentingan masyarakat. 

Bupati mengharapkan agar pembangunan di Mimika bisa tercapai disepanjang tahun 2017 hingga 2018, terutama di bidang pembangunan pelabuhan bisa segera terselesaikan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah pedalaman. Selain itu, Bupati juga mengharapkan agar beberapa tower Telkomsel di tiap distrik bisa segera dibangun untuk memberikan pelayanan komunikasi hingga ke pedalaman. 

“Semua yang telah diresmikan diharapkan bisa segera dilaksanakan juga di daerah-daerah lainnya,” ujar Bupati. 

Selanjutnya Bupati Omaleng yang didampingi oleh para Pimpinan SKPD dan Pejabat di Lingkup Pemda Mimika beserta para Forkopimda melakukan persemian yang ditandai dengan pengguntingan pita dan selanjutnya melakukan teleconference guna mengecek jaringan milik PT Telkomsel yang baru saja mendirikan tower di Atuka. Bupati juga meninjau langsung Pelabuhan ASDP di Poumako. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment