Dispenda Serahkan SPPT Tahunan ke Bank Papua

Bagikan Bagikan
Pegawai dispenda Foto Bersama dengan Staf Bank Papua Usai Penyerahan SPPT
SAPA (TIMIKA) – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Selasa (23/5) menyerahkan Surat Tanda Terima Setoran (STTS) dan Daftar Himpunan Ketetapan dan Pembayaran (DHKP) ke pihak Bank Papua Cabang Timika, sebagai Bank pelaksana kas daerah. Hal ini dilakukan setelah proses cetak massal Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPPT), Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB - P2) tahun 2017. 

Penyerahan STTS dan DHKP SPPT PBB - P2, dilakukan langsung oleh Kepala Dispenda Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga, SH kepada Kepala Bank Papua Cabang Timika, Andrianto Agus Purnomo, disaksikan sejumlah staf Bank Papua Cabang Timika dan Dispenda. 

Dispenda menyerahkan sebanyak 30. 899 STTS dan 78 buku DHKP dengan total nilai mencapai Rp 8,930 miliar lebih dan tidak termasuk PT Freeport Indonesia. Dengan diserahkannya SPPT tahun tersebut, Kepala Dispenda Mimika, Paulus Yanengga menyatakan masyarakat sudah bisa melakukan pembayaran pajak.

Dijelaskan, nilai PBB P2 tersebut meningkat sekitar Rp 2 miliar dibandingkan dengan tahun 2016 lalu yang hanya Rp 6 miliar lebih.

Peningkatan ini terjadi seiring dengan bertambahnya nilai objek pajak, dari rumah tinggal menjadi rumah toko (Ruko), kemudian, tanah dari satu sertifikat dengan luasan tertentu dibagi menjadi beberapa kapling dan menjadi objek pajak baru diikuti dengan kenaikan nilai pajaknya, begitu juga dengan tanah kosong yang kemudian sudah berdiri bangunan.

“Jadi melalui operasi sisir yang dilakukan oleh jajaran kami, Dispenda berhasil mencatat sejumlah objke pajak baru, sehingga pajak kita meningkat,” katanya.

Kepada sejumlah wartawan, Kepala Dispenda Mimika, mengajk seluruh masyarakat untuk melakukan kewajibannya membayar pajak, karena muara dari pajak itu sendiri adalah untuk kesejahteraan masyarakat melalui berbagai pembangunan fasilitas umum.

“Jadi masyarakat kan juga berkonstribusi dalam pembangunan,” katanya. (Ricky Lodar)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment