DKP Dukung Nelayan Tergabung di Koperasi Gerbang Emas

Bagikan ke Google Plus
Ignasius Eddy Santoso
SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mimika, Ir. Ignasius Eddy Santoso. M.Si., sangat mendukung jika seluruh nelayan local di pesisir pantai bisa diakomodir sebagai anggota Koperasi, dalam Program Gerbang Emas oleh Dinas Koperasi Industri dan Ekonomi Kreatif (Diskop EK). Dengan maksud hasil tangkapan nelayan akan disalurkan melalui koperasi ini, dan koperasi ini bisa memberikan semangat khusus bagi mereka. 

“Saya sangat mendukung karena itu bagus sekali. Itu memang koperasi serba usaha, berarti hasil laut juga akan diakomodir,”ungkap Eddy ketika diwawancarai usai mengikuti apel pagi, Senin (22/5) di kantor pusat pemerintahan, Jalan Cenderawasih SP 3, Distrik Kuala Kencana.

Dijelaskan Edy, kelembagaan koperasi secara pasti akan memiliki anggota dari berbagai jenis usaha. Sehingga jika harus mengakomodir para nelayan, itu hal yang sangat positif, sebab khusus di Mimika memilki potensi bagi nelayan dan kelompok masyarakat yang sangat banyak.

Kata Eddy, meski berdasarkan aturan dari pusat bahwa nelayan memilki koperasi tersendiri yang difokuskan untuk  hasil tangkapan, namun bisa juga digandakan sebagai anggota dalam program gerbang emas. Karena para nelayan harus bisa merasakan hasil karya mereka dengan menerima upah dari sektor lain selain dari hasil penjualan.

“Itu sangat bagus karena kita akan memperkenalkan cara untuk menghasilkan uang selain dijual ke pengepul. Kalau misalnya pengepul tidak lagi mampu membeli hasil tangkapan mereka, maka langsung disalurkan melalui koperasi,”tuturnya.

Diakui, potensi nelayan local tersebar di seluruh perkampungan pesisir pantai, akan tetapi cara untuk memperoleh hasil yang lebih dari selain kepada pengepul masih belum terlalu diketahui para nelayan tersebut. 

Ia menambahkan, dirinya optimis para nelayan tidak akan merasa keberatan jika harus bergabung dalam koperasi gerbang emas, karena bagai mana pun juga penghasilan para nelayan harus bisa seimbang dengan upaya.

“Ini sangat menguntungkan, karena nanti selain ke koperasi khusus nelayan, hasil tangkapan juga ke koperasi gerbang emas. Kalau mau berharap pengepul itu tidak mungkin, karena tidak mungkin pengepul mau beli semua hasil tangkapan mereka,”ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment