Enam Polda Siap Kirim Personel Brimob ke Timika

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) - Enam Polda siap menerjunkan personel Brimob jika eskalasi terhadap situasi Kamtibmas di Kabupaten Mimika meningkat. Namun sampai saat ini situasi di wilayah Highland (HL) maupun Lowland (LL) masih dianggap kondusif, walaupun hingga sampai saat ini belum ada kesepakatan antara serikat pekerja dengan manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI).

Enam Polda yang siap terjunkan personel Brimob-nya ke Timika yaitu Polda Bangka Belitung, Polda Jambi, Polda Sulawesi Utara, Polda Sulawesi Tenggara dan Polda Jawa Timur.

"Itu cadangan, siap didatangkan kalau terjadi peningkatakan eskalasi," kata Kapolres Mimika, AKBP Victor Dean Mackbon di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Selasa (2/5).

Pada Minggu 30 April kemarin, sebanyak 101 personel Brimob Polda Riau telah tiba di Timika. Kedatangan personel Brimob Riau untuk membantu Polres Mimika mengamankan area yang menjadi Obyek Vital Nasional (Obvitnas), PTFI.

Saat ini pengamanan yang dilakukan meliputi pengamanan Obvitnas dan pengamanan wilayah. Untuk personel Brimob di khususkan pada pengamanan fasilitas Obvitnas.

"Untuk pengamanan wilayah kita masih melibatkan sekitar 600 personel TNI-Polri, kalau memang ada aksi yang tentunya mengganggu kamtibnas maka pasukan akan dikerahkan ke Timika," jelas Kapolres.

Mogok kerja yang dilakukan anggota dan pengurus PUK SPKEP SPSI PTFI telah dimulai sejak Senin 1 Mei kemarin, bertepatan dengan Hari Buruh Sedunia. 
Sementara itu terkait beredarnya isu tindakan intimidasi oleh sejumlah pekerja terhadap pekerja lainnya, hal itu dikatakan kapolres tidak benar adanya. 

“Tidak terjadi intimidasi atau pemaksaan terhadap pekerja lain seperti yang diisukan,” katanya. (Markus Rahalus) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment