Hafidz 18 Tahun Imam Tarawih di Masjid Agung Baabussalam

Bagikan ke Google Plus
Ustadz Al Hafidz Muhammad Sahal Amin Abdullah
SAPA (TIMIKA) – Umat muslim di Timika pada malam 1 Ramadhan 1438 H/2017 M, yang jatuh pada Jumat (26/5) mulai memadati setiap masjid, seperti di Masjid Agung Babussalam. Dimana pada awal Ramadhan tahun ini, pengurus Masjid Agung Babussalam mendatangkan dua ustad dari luar Timika.

Dua ustadz diundang ke Timika untuk memimpin ibadah dan ceramah selama Ramadhan di Masjid Agung Babussalam, yakni Ustadz Al Hafidz Muhammad Sahal Amin Abdullah yang akan bertindak sebagai imam. Sementara Ustadz Dr H Abdul Wahid Haddade akan bertindak sebagai penceramah pada 10 hari awal Ramadhan.

Muhammad Sahal Amin Abdullah, seorang Hafidz Quran asal Solo, Jawa Tengah menjadi Imam Sholat Tarawih perdana di Masjid Agung Babussalam, Timika, Jumat (26/5) malam.

Berdasarkan pantauan Salam Papua, umat muslim berbondong-bondong memadati isi masjid untuk melaksanakan taraawih dan witri pertama untuk memasuki bulan Ramadhan. Umat muslim yang melaksanakan Sholat Tarawih tidak hanya di dalam masjid tetapi sampai di halaman luar masjid.

Pelaksanaan sholat dilaksanakan seperti biasanya, yakni sebanyak sebelas rakaat, yang mana sholat tarawih delapan rakaat dan witir tiga rakaat.

Sementara itu, tampak di dalam dan diluar halaman Masjid Baabussalam, dipenuhi dengan parkiran kendaraan roda empat dan roda dua yang duatur oleh security Masjid.

Pengurus Masjid Agung Babussalam sengaja mendatangkan Imam dari luar Timika, untuk memberikan suasana baru selama Bulan Ramadhan, dalam hal ini pelaksanaan taraawih selama 30 hari kedepan.

"Kami hanya ingin ada suasana baru agar masyarakat punya semangat untuk melaksanakan ibadah khsusnya taraawih di Baabussalam," kata Imam Besar Masjid Agung Babussalam, Ustadz H. Muhammad Tahir, SE,LC.

Tidak hanya menjadi Imam taraawih selama Ramadhan, Al hafidz Sahal Amin juga akan menjadi Imam untuk agenda rutin setiap tahun yand dilakukan di Masjid Baabussalam yakni pada 10 hari terakhir Ramadhan akan dilaksanakan i'tikaf.

"Nanti itu ada sholat laylatul qadr maupun tahajud," ujar Ustadz Tahir.

Ia menambahkan, pengurus Masjid juga mendatangkan penceramah lulusan Universitas Al-Azhar Khairo, Mesir yang diketahui bernama Ustadz Dr H Abdul Wahid Haddade dari Soppeng, Sulawesi Selatan.

Hal senada disampaikan Ketua DKM Masjid Agung Babussalam, Ustadz Akhir Iribaram yang mengatakan, jajarannya mendatangkan sejumlah imam dan penceramah dari luar Papua untuk memberikan siraman rohani selama bulan puasa Ramadhan.

Karena itu, kata dia, dirinya memohon dukungan dari seluruh warga Mimika, terutama dari saudara-saudara Nasrani (Katolik dan Protestan), Hindu, Budha, dan lainnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama umat Islam menjalankan ibadah puasa.

"Ya, kami mengundang dua ustadz dari luar Papua untuk menjadi imam dan penceramah selama Ramadhan. Kami berharap Bulan Ramadhan tahun ini benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh umat Islam di Kabupaten Mimika, untuk mendekatkan diri pada Allah SWT,”tutur Iribaram. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment