Hari ini 3.323 Siswa SMP se-Mimika Siap Ikut UN

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Sebanyak 3.323 siswa pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Mimika yang tersebar di 37 Sub Rayon, akan melaksanakan Ujian Nasional (UN). Ujian akan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati(Wabup) Mimika, Yahanis Bassang, SE., M.Si di SMP Negeri IV Jalan Cenderawasih Poros SP 2 – SP 3 (Belakang Benglap), Kampung Karang Senang.

Ketua Panitia Penyelenggara UN tingkat SMP pada Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, Drs. Manto Ginting mengatakan bahwa pihaknya telah menerima data jumlah siswa dari setiap sekolah penyelenggara ujian secara lengkap. Dengan demikian jumlah siswa yang telah mendaftar dan terdaftar mengikuti UN tahun 2017 di Kabupaten Mimika sebanyak 3.323 siswa.

“Besok (Hari ini) selesai irup (Inspektur upacara) apel Hardiknas, Wabup langsung buka ujian di SMP Negeri IV. Kita belum terima data siswa yang batal mengikuti ujian, tapi yang jelas semuanya ikut,” ungkap Manto Ginting saat dikonfirmasi Salam Papua via telepon, Senin (1/5) malam.

Dijelaskan oleh Ginting, untuk sementara jumlah sekolah yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berjumlah tiga sekolah, yakni SMP Advent, SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Kuala Kencana dan SMP YPJ Tembagapura. Sedangkan sekolah lainnya masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Secara keseluruhan kata Manto Ginting, semua sekolah telah melakukan persiapan ujian sejak beberapa bulan lalu, sehingga siswa dalam mengerjakan soal baik UNBK ataupun UNKP dianggapnya sudah sangat baik.

Diakuinya berdasarkan ketentuan dari pusat, soal ujian bagi sekolah penyelenggara UNKP akan di distribusikan bersamaan saat turunnya petugas atau pengawas dari Dispendasbud ke sekolah-sekolah, agar tidak terjadi kebocoran soal ujian.

“Untuk soal ujian bagi sekolah yang masih laksanakan UNKP itu dibawa oleh pengawas dari dinas pada hari pelaksanaan ujian, ini sudah ketentuan dari pusat karena takut adanya bocoran soal,” tuturnya.

Ia juga menambahkan pihaknya telah mengutus petugas pendistribusian soal ujian sekaligus pengawas pelaksanaan UN untuk sekolah-sekolah yang berada di di pedalaman.

“Tadi pagi (Kemarin) petugas kami sudah ke pedalaman untuk distribusi soal, sekaligus mengawas disana. Mudah-mudahan semua bisa berjalan aman,” katanya. (Acik Nasma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment