Ipaya Akan Jadi Distrik dan Kota Pariwisata

Bagikan Bagikan
Bupati saat memantau Lokasi Pantai yang akan dijadikan Pusat Pariwisata
SAPA (TIMIKA) - Ipaya, Ipiri dan Paripi akan dijadikan satu distrik khusus dan menjadi kota pusat pariwisata pantai dengan target internasional karena tempatnya sangat strategis dengan kekayaan alam yang bisa mendatangkan penghasilan khusus dalam bidang pariwisata serta memiliki pertumbuhan masyarakat yang semakin bertambah. 

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE, MH ketika melakukan Turun Kampung (Turkam) ke Ipaya, Distrik Amar, Senin (15/5) mengatakan jika selama ini tiga kampung yakni, Ipiri, Paripi dan Ipaya merupakan bagian dari Distrik Amar, maka tahun depan tiga kampung tersebut akan menjadi distrik sendiri.

“Di sini adalah kampung yang paling indah dan mempunyai aset khusus selain hasil pertanian dan tangkapan ikan yaitu keindahan pantainya. Itu makanya saya harus bisa buktikan itu,”tuturnya.

Dijelaskan, sejak pertama menginjak  kaki di Ipaya beberapa waktu lalu, dirinya  telah melakukan diskusi bersama beberapa tetua adat dan kepala kampung serta mensurvei semua asset berpotensi di Ipaya, sehingga sejak saat itu juga dalam hatinya telah terpatri untuk bisa terwujud menjadikan Ipaya sebagai kota kecil tersendiri.

Diakui, saat ini dinas-dinas terkait akan mulai mensurvei jalur perairan, laut dan darat sehingga bisa membangun akses dari Timika langsung Ipaya. Dengan demikian jika seluruh pembangunan akses tersebut telah dilaksanakan, maka perhotelan akan dibangun serta temapt-tempat  jualan akan dibangun di sepanjang bibir pantai Ipaya.

Menurut Bupati Eltinus, meski kelak sepenuhnya akan dikelola oleh pemerintah, api masyarakat juga akan diberikan peluang mengembangkan usaha dalam bidang hasil tangkapan seperti ikan dan karaka, hasil tani seperti kelapa, pisang dan sagu serta ukiran dan kerajinan tangan lainnya.

“Jangan kawatir, karena bapak dan ibu semua juga harus berperan  dalam pembangunan pariwisata nanti. Kalau sudah jadi semua tamu yang datang akan dikenakan biaya atau karcis,”ujarnya.

Bupati menambahkan, dengan semakin majunya suatu daerah maka banyak masyarakat selalu mencari hiburan untuk menenangkan diri. Terkait hal itu, jika selama ini masyarakat Timika atau pun dari luar Timika hanya datang mencari kali-kali sebagai tempat rekreasi, maka tahun depan pantai Ipaya akan dipadati pengunjung.

Dalam mendukung hal tersebut diakui Bupati Eltinus, Pemkab Mimika melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan menyediakan 10 kapal cepat yang siap melayani masyarakat yang pulang dan pergi Timika ke Ipaya. Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan memulai melakukan survei jalur darat yang akan dilintasi seluruh kendaraan tujuan Timika ke Ipaya atau pun sebaliknya. 

Kemudian, untuk menangani pariwisata maka setelah adanya restrukturisasi maka bidang pariwisata akan menjadi dinas tersendiri, sehingga pariwisata akan difokuskan khususnya pengelolaan di kawasan wisata Ipaya.

“Itu bukan sekedar janji, tapi kalau saya sudah janji itu maka tidak mau main-main lagi. Jangan mendengarkan malaikat-malaikat lain yang datang, tapi kita sama-sama harus saling mendukung,” katanya. (Acik N)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Akhirnya ada berita positif ttg pariwisata di Kabupaten Mimika.
    Tidak salah kuliah Pariwisata, setelah selesai bisa membantu mengembangkan Pariwisata di Mimika.

    ReplyDelete