Jelang Ramadhan, Ratusan Muslim Timika Ziarah ke Makam

Bagikan ke Google Plus
Suasana TPU Airport yang ramai dikunjungi peziarah
SAPA (TIMIKA) - Ratusan umat Islam (Muslim) di Timika melakukan tradisi ziarah kubur menjelang Bulan Ramadan 1438 Hijriyah di Pemakaman Muslim, Jalan Ahmad Yani tepatnya di samping Lanud Timika, Jumat (26/5).

Salah satu penjaga makam,  Muhammad mengatakan,  sudah tiga hari ini sejak Rabu (24/5) peziarah memadati lokasi pemakaman. Peziarah datang silih berganti untuk berdoa agar arwah keluarganya diterima disisi Allah SWT, menaburkan bunga di pusara keluarga dan kerabatnya, serta membersihkan makam.

"Mereka datang berziarah untuk persiapan puasa. Sudah 3 hari mereka datang untuk kasih bersih kuburan dan tabur bunga," kata Muhammad saat ditemui di Tempat Pemakaman Umum (TPU) samping Lanud Timika.

Teguh, salah satu peziarah mengatakan, ziarah yang dilakukan ke makam keluarga merupakan suatu tradisi bagi umat Muslim saat menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan. Makam yang diziarah akan dibersihkan dan ditabur bunga, serta berdoa agar arwahnya diterima disisi Allah SWT.

"Kunjungan ke makam anak. Kita kasih bersih makamnya kebetulan sudah masuk bulan puasa. Jadi kita mengirimkan doa untuk arwah yang sudah meninggal," katanya.

Disisi lain, tradisi ziarah kubur jelang Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi penjual bunga.

Seperti yang diutarakan Nursin, salah satu penjual bunga dilokasi makam tersebut. Dikatakan, bunga yang dijualnya perkantong Rp5 ribu. Selain itu, ia juga menjual air yang akan digunakan peziarah untuk menyiram diatas makam. Air tersebut untuk ukuran botol air mineral 1500 mili liter dijual seharga Rp10 ribu.

“Ini tentunya membawa berkah bagi kami penjual bunga di makam ini,” katanya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment