Kadispencapil Mimika Belum Terima Surat Penggantian Dirinya

Bagikan Bagikan
Bartolomeus Kunong
SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Mimika, Bartolomeus Kunong mengakui, hingga kini  belum menerima surat pemberitahuan resmi terkait rencana penggantian dirinya dengan Jhon Wicklif Tegai, sesuai dengan perintah Kementerin Dalam Negeri (Kemendagri).

"Saya belum terima informasi langsung, tapi kalaupun benar itu kebijakan pimpinan daerah yang mana kita selaku Aparatur Sipil Negara (AS) harus siap terima kebijakan itu," kata Kunong saat diwawancarai wartawan di Kantor Pusat Pemerintah, Jalan Cenderawsih, Poros SP 3, Senin (22/5).
Menurutnya, permasalah sistem yang terjadi di Dispencapil sehingga berujung pada penggantian dirinya dengan Jhon Wicklif Tegai, memang didasarkan oleh Permendagri Nomor 76 Tahun 2015.

"Itu memang harus dilakukan supaya sistem ini bisa terbuka," tuturnya.

Ia nengungkapkan, selama menjalankan tugasnya sebagai Kepala Dispencapil, sesuai dengan kewajiban sebagai ASN, dirinya telah melaksankan tugas nelayani masyarakat sebagaimana mestinya. 

Untuk itu, apabila dirinya akan dipindahkan maka ia mengaku siap ditempatkan dimana saja sesuai kebijakan pimpinan daerah.

"Jadi kita sebelum menjadi ASN juga sudah tandatangan SK yang berisi siap ditempatkan dimana saja termasuk Non-Job," tuturnya. 

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE., M.H menyatakan dirinya telah mengaktifkan kembali, Jhon Wicklif Tegai sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Mimika menggantikan Bartholomeus Kunong.

“Saya kembali aktifkan Jhon Tegai sebagai Kadisdukcapil,” ujar Bupati saat diwawancarai di Graha Eme Neme Yauware, Selasa (16/5). 

Ia mengatakan, Surat Keputusan (SK) pengaktifan Jhon Tegai sudah diantar ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta. Dan ini secara otomatis akan melancarkan segala urusan masyarakat terkait permasalahan administrasi pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga (KK) maupun Akte Kelahiran.

“Saya sudah buat SK ke Jakarta. Jadi semua administrasi sudah langsung jalan,” kata Bupati.

Ia menuturkan, untuk Kadisdukcapil yang sebelumnya dia angkat, yakni Bartolomeus Kunong akan diberhentikan sementara. Ia juga akan mengusulkan tiga nama untuk jalankan administrasi dibagian KTP, Akta Kelahiran, dan KK.

“Jadi Bartholomeus yang saya angkat, sementara diberhentikan dulu,” ungkapnya.

Sementara dilokasi yang sama, Jhon Wicklif Tegai saat diwawancarai wartawan mengatakan, dirinya belum menerima pemberitahuan secara lisan maupun tulisan dari Bupati Eltinus terkait pengaktifan kembali dirinya sebagai Kadispencapil. Akan tetapi Ia mengungkapkan menerimanya dengan senang hati.

“Ini juga kan untuk kepentingan maysarakat Mimika yang memang selama ini kesulitan dalam pengurusan pembuatan KTP dan lainnya.kalau untuk kebaikan banyak orang kenapa tidak?” kata Jhon. (Anya Fatma/Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment