Kadistrik Harus Bisa Mengarahkan Masyarakat

Bagikan Bagikan
Christian Karubaba
SAPA (TIMIKA) – Assisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Drs. Christian Karubaba mengharapkan, seluruh Kepala Distrik (Kadistrik) bisa mengarahkan masyarakat untuk menghindari masuknya pengaruh dari luar, yang bisa merusak keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). 

“Dalam situasi kamtibas yang kurang kondusif seharusnya Kadistrik bisa mengarahkan masyarakatnya agar tidak terprovokasi. Biasanya melalui Tokoh Agama, Adat, Pemuda dan Perempuan supaya bisa disosialisasikan ke masyarakat,” ungkap Christian saat diwawancarai Wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/5).

Lanjut Christian, Kepala Distrik merupakan kepala wilayah yang setiap saat berhubungan atau bersentuhan langsung dengan seluruh masyarakatnya. 

Meski situasi kamtibmas di Mimika tergolong baik, namun dengan banyaknya kisruh yang terjadi di daerah lain tentunya bisa saja mempengaruhi bagi masyarakat di Mimika. Sebab banyak persoalan yang terjadi di Jakarta yang saat ini merambat hingga ke daerah-daerah di luar Jakarta. Hal ini harus dicegah secepat mungkin agar masyarakat kita tidak terpengaruh.

Ia menambahkan, banyak persoalan yang saat ini dicampur menjadi satu dan mengatas namakan suku dan golongan sehingga pertikaian pun semakin marak terjadi. Dengan demikian hal yang pertama harus diantisipasi adalah dalam lingkungan masyarakat.

“Kita sangat tidak mengharapkan itu terjadi di wilayah kita. Kalau masalah terjadi di daerah lain, kita seharusnya hanya bantu dengan doa supaya cepat selesai. Karena itu saya piker Kadistrik harus bisa mendekatai seluruh masyarakatnya,”ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment