Kasus Perampokan Nasabah Bank Masuk Tahap Satu

Bagikan ke Google Plus
Anggota Polisi saat mengamankan pelaku perampokan nasabah bank
SAPA (TIMIKA) – Proses hukum terhadap tersangka kasus perampokan nasabah bank yang terjadi pada Kamis 18 Mei 2017, telah memasuki tahap satu, atau berkas perkara tersangka telah dilimpahkan penyidik kepolisian ke pihak Kejaksaan.  

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan, SIK saat dikonfirmasi terkait tindak lanjut kasus perampokan nasabah bank ini, mengatakan bahwa kasus ini ditangani Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Mimika, dan telah memasuki tahap satu, Senin (29/5).

“Penyidik Satreskrim Polres Mimika telah mengirimkan berkas perampokan nasabah bank ke JPU (Jaksa Penuntut Umum) untuk diteliti, hari ini (Senin) sudah dikirim,” kata Kasat Reskrim saat dikonfirmasi via WhatsApp (WA), Senin siang.

Dikatakan Kasat Reskrim, meski berkas perkara tersangka telah dikirim ke JPU, namun nantinya jika dalam pemeriksaan JPU bahwa berkas perkara yang dikirimkan tersebut belum lengkap, maka nantinya akan dikembalikan lagi ke penyidik untuk dilengkapi.

“Nanti kita lihat, mudah-mudahan lengkap agar kasus ini secepatnya tahap dua,” harap Kasat Reskrim.

Meski berkas perkara kasus ini sudah memasuki tahap satu, namun pihak penyidik tidak berhenti melakukan pengusutan lebih jauh terhadap kasus serupa yang semakin marak memakan korban dan merugikan korban hingga ratusan juta rupiah ini. 

Diketahui sebelumnya Satreskrim bersama tim khusus (Timsus) Polres Mimika berhasil menangkap dua pelaku perampokan uang dengan sasarannya nasabah bank. Kedua tersangka berinisial MDT alias Udin (38) dan Sulkifli (28).

Kedua tersangka diamankan di Bank Papua, Jalan Yos Sudarso, pada Kamis 18 Mei 2017. Pada saat diamankan, keduanya tersangka melakukan perlawanan terhadap petugas, sehingga akhirnya keduanya dilumpuhkan dengan timah panas patugas pada bangian kaki sebelah kanan dan kiri. Tersangka melakukan aksinya dengan mengmabil uang nasabah bank senilai Rp130 juta.

Pengakuan dari kedua tersangka, mereka telah melakukan pencurian atau perampasan terhadap sejumlah uang milik beberapa nasabah bank di kota Timika. Maka sesuai dengan perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman tujuh (7) tahun penjara.

Kasat Reskrim juga menyampaikan tersangka lainnya sebelumnya melakukan aksi serupa didepan SMAN 1 Mimika beberapa waktu lalu. Tersangka mengambil uang milik korbannya sebesar Rp130 juta rupiah. Namun tersangka tersebut berhasil dibekuk oleh polisi meski yang bersangkutan sudah keluar daerah. 

“Jadi pelaku ada sebanyak tiga orang, dua kita amankan disini (Bank Papua) dan satu pelakunya atas nama Rizal ini, dua bulan lalu sudah diamankan oleh Polres Samarinda. Dimana pada saat diamankan pelaku sempat melakukan perlawanan, sehingga petugas melumpuhkannya hingga menghilangkan nyawa pelaku,” terang Kasat Reskrim. (Markus Rahalus) 
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment