Kepala Kampung Pilar Utama Bangun Kampung

Bagikan Bagikan
Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wabup Asmat Thomas E.S foto bersama dengan Forkopimda Asmat
SAPA (ASMAT) -  Wabup Asmat, Thomas Eppe Safanpo, ST menegaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005 tentang desa atau kampung mengakui adanya otonomi yang dimiliki masyarakat Kampung. Amanah dari PP 72 ini menggambarkan  Kepala Kampung memiliki posisi strategis dan menjadi pilar utama dalam membangun kampung.

“Saya harapkan para kepala kampung yang baru saja dilantik menjadi tiang utama atau pilar utama memandirikan dan memajukan kampung,” katanya ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos setelah dirinya dan disaksikan Bupati Asmat, Dandim 1707 Merauke, Letkol. Inf. Heri Krisdianto, Wakapolres Asmat, Kombespol, Sam R Mamisala, Asisten I Setda Asmat, Yustus Kakom, S.Sos, pimpinan dari masing-masing SKPD dan 2.000 an warga dari lima distrik melantik 29 Kepala Kampung, di Distrik Atjs, Selasa (16/5) siang.

Ia menegaskan para Kepala Kampung harus memahami tugas dan fungsinya dalam mengatur dan merencanakan pembangunan kampung sesuai dengan otonomi yang dimiliki. Sehingga, Kepala Kampung merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat di kampung. Dan Kepala Kampung pula berfungsi sebagai penyelenggara pemerintahan kampung dalam hal menetapkan peraturan kampung (Perkam). 

Dengan demikian, pelantikan Kepala Kampung merupakan moment terpenting dalam hal memberikan legitimasi kepada Kepala Kampung menjalankan otoritasnya sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten membangun kampungnya. “Saya berharap para Kepala Kampung memahami tugas pokok dan fungsinya sesuai amanat undang-undang desa,” katanya.

Dia juga mengajak setiap SKPD yang bersentuhan langsung dengan pemerintahan kampung selalu melakukan berbagai pembinaan dan pendekatan yang harmonis dengan para Kepala Kampung. Sehingga, perencanaan pembangunan kampung benar-benar terprogram, terencana dan terarah. Supaya, aktualisasi program di kampung out putnya tercapai dan menjawab berbagai kebutuhan mendasar warga masyarakat kampung. 

“Saya harapkan para pimpinan SKPD mengarahkan dan merencanakan pembangunan kampung bersama-sama dengan para Kepala Kampung,” harapnya.

Selain itu, Wabup Asmat yang juga berlomba-lomba bersama Bupati Asmat menyusuri setiap kali menjumpai warga dari kampung  ke kampung ini meminta perhatian khusus para Kepala Kampung menngelola dana ADD dengan transparan dan terbuka.

 “Saya mau mengingatkan kepada bapa-bapa Kepala Kampung bahwa Bupati memiliki kewenangan melantik dan memberhentikan kepala kampung yang bekerja tidak becus. Jadi pemanfaatan dana ADD harus dimanfaatkan sesuai program yang dilakukan di kampung-kampung. Kepala kampung tidak boleh memanfaatkan dana diluar perencanaan pembangunan Kampung. KPK ke depan akan audit pemanfaatan dana tersebut. Jadi, bagi yang memanfaatkan diluar aturan dan pemanfaatan dana ya tahu sendiri akibatnya, masuk bui,” ujarnya mengingatkan.

Disamping itu, ia menyampaikan berbagai percepatan pembangunan Kabupaten Asmat yang sedang berjalan, seperti PLN, di Distrik Atjs dari 12 jam akan diusahakan secepatnya 24 jam. Pembangunan jalan komposit yang sudah mulai dilakukan di Distrik Atjs tahun ini akan disambung lagi sekitar 700 san meter, di Distrik Suator dan Pantai Kasuari akan di bangun pula jalan yang sama. 

“Pa Bupati dan saya sudah sepakat tahun ini kita sudah canangkan sebagai tahun percepatan pembangunan di Kabupaten Asmat. Maka kami berharap bapa-bapa Kepala Kampung bersama-sama membangun daerah ini. Kita mulai merapatkan barisan merubah wajah Kabupaten kita ini,” katanya.

Upaya Pemda Asmat untuk menghubungkan daerah ini dengan daerah lainnya, Pemda Asmat berhasil meyakinkan ASDP  Pusat mendapat armada transportasi kapal cepat dari Timika ke Distrik Atjs. “Saya kebetulan ditugaskan pa Bupati mengurus hal itu di Jakarta. Nanti ASDP akan melakukan pelayanan transportasi cepat seperti KM Bambit berlayar dari Timika ke Distrik Atjs. Jadi, warga dari beberapa Distrik ini tidak perlu lagi ke Agats, termasuk warga dari Yahokimo merapat saja ke Atjs dan melanjutkan perjalanan dengan kapal cepat itu nanti ke Timika,” katanya disambut tepuk tangan meriah warga masyarakat yang menyaksikan pelantikan Kepala Kampung itu.

Dari rekaman media ini usai prosesi pelantikan Kepala Kampung itu para Kepala Kampung foto bersama dan Wabup Asmat melanjutkan pertemuan bersama Kepala Dinas Pendidikan, Donatus Tamot, S.Pd, M.Pd dengan para guru di SDN I Atjs. (Sergi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment