Kertersediaan BBM Jelang Bulan Puasa Dijamin Cukup

Bagikan Bagikan
Dionisius Mameyau
SAPA (TIMIKA) -  Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, dan Pertamina memastikan ketersediaan BBM dan Gas jelang bulan puasa cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Timika. 

Kepala ESDM, Dionisius Mameyau ketika diwawancarai Wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) SP 3 Distrik Kuala Kencana, Rabu (17/5)  menjelaskan, untuk kuota BBM masih sama dengan tahun 2016. Tetapi yang menjadi persoalan adalah terjadinya penambahan jumlah penduduk dan tempat usaha. 

“Kemarin Disperindag dan PT Pertamina sudah saling berkoordinasi, itu berarti saya rasa bisa mencukupi,”ungkapnya.

Dijelaskan, untuk permintaan penambahan kuota di setiap daerah atau kota itu melalui usulan dan dilakukan secara nasional, sehingga untuk di Papua khususnya Mimika juga akan disesuaikan dengan jumlah penambahan penduduk dan perkembangan pertumbuhan usaha.

“Kita sudah usulkan untuk penambahan, tapi masih belum ada tanggapan. Kami juga belum tahu pasti angka-angka penambahannya, karena itu lebih diketahui oleh Pertamina,”ujarnya. 

Sementara untuk penertiban pangkalan, dirinya mengakui telah melakukan hal tersebut secara berulang kali, akan tetapi yang juga menjadi kendala setelah memasuki 2017 adalah, yang dilakukan hanya sebatas bersifat mengatur tanpa memberikan tindakan.

Menurut dia, hal itu dikarenakan kewenangan ESDM telah dilimpahkan ke Provinsi, sehingga yang dilakukan ahanya sebatas pendekatan melalui pemberian informasi. 

Kata dia, saat ini ESDM hanya bersifat administrasi internal, bukan untuk memberikan sanksi atau mencabut ijin usaha, sebab kewenangan sudah berada di jayapura.

“Kita masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari jayapura, apakah kewenangan itu dikembalikan atau pun tetap di sana, itu kita tidak tahu,”tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment