KPA Perkuat Jejaring ARV

Bagikan ke Google Plus
Suasana pertemuan jejaring ARV yang digelar KPA
SAPA (TIMIKA) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Mimika menggelar koordinasi dengan seluruh jejaring Rumah Sakit rujukan dengan satelit layananan ARV dan TB, dalam rangka menurunkan angka lost to follow up ODHA dengan ARV. 

Pertemuan koordinasi tersebut digelar di Serayu Hotel Timika, Kamis (18/5). Kegiatan ini untuk membangun komunikasi yang baik antara sesama rumah sakit rujukan maupun satelitnya, termasuk dengan LSM penggiat HIV dan TB.

"Kemudian mendorong layanan agar memulai pengobatan ARV sedini mungkin," jelas Penanggung Jawab Program HIV Dinkes Mimika, Hasmawati SKM, di Timika, Kamis. 

Para jejaring layanan ARV menyepakati mengintegrasikan layanan HIV dan TB sehingga semua kegiatan atau tindakan tercatat dan terlaporkan. Kemudian, seluruh jejaring dan satelit serta LSM sepakat melakukan pertemuan rutin untuk mapping ODHA sesuai wilayah kerja masing-masing layanan.

"Dua Puskesmas, Pasar Sentral dan Jili Yale akan menginisiasi pengobatan ARV sekaligus membentuk tim mentoring klinis," kata Hasma.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Dinkes Mimika, Reynold Ubra, dan dihadiri oleh perwakilan Dinkes Papua, jejaring HIV dan TB se-Kabupaten Mimika, serta perwakilan Linkage dan Global Fund TB yang mendukung pertemuan ini.

Sebelum menggelar pertemuan koordinatif, telah dilaksanakan mentoring klinis di RSUD dan RSMM dengan peserta dokter dan perawat dari RSUD, RSMM, RS Tembagapura, Program HIV Dinkes dan KPA Mimika. Ini untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petugas dalam pengobatan dan perawatan ODHA. 

Perwakilan Linkage, dr Helena picarima hadir sebagai narasumber. (Sevianto)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment