KPUD Tidak Bisa Pastikan Pleno Ulang pada 5 Mei

Bagikan Bagikan
Pertemuan mantan anggota DPRD Mimika bersama Ketua KPUD Mimika Ocefina Magal
SAPA (TIMIKA) – KPUD Mimika tidak bisa memastikan menggelar pleno ulang penetapan anggota DPRD Mimika pada Jumat (5/5) mendatang sesuai permintaan sejumlah mantan anggota DPRD Mimika, karena waktunya sangat mepet dan ada dua anggota KPUD berada di luar Timika.

"Dewan minta tanggal 5 Mei  ini tapi kami belum bisa pastikan karena rentan waktunya hanya tiga hari, dan kita punya anggota dua orang juga masih berada di luar Timika," kata Ketua KPUD Mimika Ocefina Magal kepada Salam Papua usai pertemuan dengan mantan anggota DPRD Mimika di Kantor KPUD, Selasa (2/5).

Ocefina menjelaskan, tanggal pelaksanaan pleno penetapan keanggotaan DPRD Mimika harus diputuskan bersama oleh komisioner KPUD, minimal empat anggota komisioner serta berkoordinasi dengan KPUD Provinsi dan Bawaslu Provinsi Papua.

Ocefina menambahkan, surat yang dikirim KPUD Mimika kepada Bawaslu Provinsi Papua yang tembusannya kepada Bawaslu RI merupakan pemberitahuan terkait dengan tanggal pleno sehingga saat pleno penetapan tanggal KPUD harus mengirim undangan kepada Bawaslu.

"Surat yang kami kirim ke Bawaslu adalah pemberitahuan tanggal pleno dan pelaksanaan pleno, yang kedua adalah pemberitahuan. Setelah penetapan tanggal itu harus dikirim undangan langsung kepada Bawaslu Provinsi," tambahnya.

Sebelumnya dalam pertemuan dengan KPUD, sejumlah mantan anggota DPRD Mimika meminta Komisioner KPUD Mimika untuk menggelar pleno ulang penetapan anggota DPRD periode 2014-2019 berdasarkan SK Nomor 17 pada Jumat (5/5) mendatang.
Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua KPUD Mimika Ocefina Magal, Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom, SE, Waket I Yonas Magal, Ketua Komisi A DPRD Mimika Saleh Alhamid, Ketua Komisi B DPRD Mimika Kristian Viktor Kabey, Asri Anjang, SE, Yelinus Mom, Yohanis Kibak, Hadi Wiyono, Theo Dekme, Den Hagabal, Yulius Kum, Markus Timang, Elieser Ohe, Mathius Uwe Yanengga, Atimus Komangal, dan staf ahli DPRD Mimika Willy Dekme.

Mantan Ketua DPRD Mimika Elminus Mom, SE mengatakan, dirinya beserta seluruh anggota DPRD Mimika mendatangi KPUD Mimika untuk mempertanyakan kendala yang dihadapi terkait pelaksanaan pleno ulang penetapan anggota DPRD Mimika. 

"Kami pertanyakan kendala KPUD Mimika itu di mana, apakah ada yang dibelakang KPU atau bagaimana, jadi pleno ini kami jadwalkan tanggal 5 segera dilaksanakan," kata Elminus saat berdialog dengan Komisioner KPUD Mimika, Selasa (2/5). 

Menurutnya, tidak hanya mantan Anggota DPRD Mimika yang menanti pleno penetapan tersebut tapi juga masyarakat, karena tidak adanya DPRD membuat roda pemerintahan menjadi macet.  Karena itu dirinya meminta agar dalam waktu dekat pleno harus segera dilaksanakan.

"Masyarakat jadi korban hanya karena menunggu pleno itu membuat roda pemerintahan tidak berjalan dengan baik," ungkapnya.

Elminus menegaskan, saat ini bola panasnya ada di KPUD Mimika untuk melaksanakan pleno tersebut, pasalnya semua pihak, baik Pemkab Mimika maupun Pempus masih menunggu pleno tersebut. Dengan demikian  pleno tersebut harus segera dilaksanakan. Apa lagi Pemkab Mimika hingga saat ini belum melaksanakan pembahasan APBD 2017.

Elminus menambahkan, anggaran untuk pelaksanaan Pilkada serentak bersumber dari APBD tahun 2018. Bila DPRD Mimika belum ditetapkan berdasarkan pleno ulang, maka pembahasan APBD 2018 juga akan molor dan tentu saja berimbas pada Pilkada serentak.  (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment