Lahan Relokasi Warga Pasar Damai Masih Ditimbun

Bagikan ke Google Plus
Paulus Yanengga
SAPA (TIMIKA) - Terkait rencana pembangunan kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Kepala Dispenda Kabupaten Mimika Paulus Yanengga, SH.,M.Si mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan lahan untuk relokasi warga pasar damai ke Kelurahan Wonosari Jaya (SP 4), Distrik Wania. Dimana saat ini persiapan lahan tersebut masih dalam tahap penimbunan.

"Lokasi relokasi masih kami timbun. Ini dikarenakan, lahan yang ada tersebut memang masih rawa. Dan saya tidak tahu kenapa Kadispenda yang dulu membeli lahan tersebut. Dan luas lahan yang ditimbun kurang lebih 8 hektar, dimana sekarang ini baru 1,5 hektar yang sudah ditimbun," kata Paulus saat ditemui wartawan dikantor Dipenda jalan Yos soedarso, Selasa (23/5).

Paulus menjelaskan, untuk tahun ini pihaknya akan melakukan penimbunan, dengan target mencapai 3 hektar. Selanjutnya, akan dilakukan penataan pemukiman yang  melibatkan dinas terkait.

"Tahun ini, kami anggarkan penimbunan pada lahan seluas 3 hektar. Dan sambil ditimbun, kami sudah perintahkan Distako serta tim relokasi untuk membuat petak-petak. Dari hasil pemetakan tersebut, tim relokasi akan mengundi penempatan warga. Ini dilakukan, biar adil dan tidak menempati semaunya,”tuturnya. 

Paulus menambahkan, di lahan relokasi tersebut, pihaknya akan membangun tempat-tempat pelayanan publik, agar nantinya warga yang tinggal ditempat tersebut mendapatkan kemudahan. Selain itu, pihaknya berencana akan mendorong masyarakat tersebut untuk bercocok tanam. Ini  karena daerah tersebut banyak warga SP 4 yang berhasil dalam berkebun.

"Kami akan bangun fasilitas pelayanan, seperti TK,SD,dan Puskesmas Pembantu (Pustu). Dan kami akan mendorong agar warga bisa berkebun, yang nanti hasilnya bisa digunakan untuk meningkatkan ekonomi,”ungkapnya. (Ricky Lodar) 
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment