Mama Papua Apresiasi Keberadaan Pasar Baru

Bagikan Bagikan
Pedagang mama papua saat melayani pembeli
SAPA (TIMIKA) – Mama-mama Papua mengapresiasi keberadaan lapak-lapak di Gedung A1, A2 dan A3 Pasar Sentral yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan baru difungsikan beberapa waktu lalu. Hal ini disampaikan Salah satu pedagang yang juga koordinator pedagang, Mama Rika saat diwawancara di Gedung A1 Pasar Sentral, Jalan Hasanuddin, Selasa (23/5).

Mama Rika menuturkan, pedagang yang berjualan disana merasa lebih dianggap dengan adanya pasar yang dikhususkn bagi mereka tersebut, mereka juga mengaku sangat senang karena dengan adanya tempat yang baru, mereka tidak lagi harus berjualan dipinggiran jalan, dibawah terik matahari dan tidak jarang harus berdesakkan mengangkat barang jualan saat hujan.

“Kami sangat senang sekali, terima kasih banyak untuk pemerintah sudah kasih kita tempat jualan untuk kami di sini, tempat ini jauh lebih layak dari kami punya tempat sebelumnya,” tutur Mama Rika.

Ia menjelaskan, pedagang yang berjualan di Gedung A1, A2 dan A3 ada yang berasal dari Pasar lama dan juga dari pasar sentral sendiri yang mana sebelumnya mereka berjualan di pinggiran jalan raya saat ini telah berdatangan untuk mengisi lapak-lapak di gedung tersebut. Lanjutnya, di tiga gedung yang masing-masingnya berisi 24 lapak tersebut diisi oleh mama-mama yang berasal dari tujuh suku kekerabatan yang ada di Mimika.

“Mereka semua sudah mulai bawa mereka punya dagangan kesini untuk jualan,” kata Mama Rika.

Menurut Mama Rika, sebelum memutuskan pindah dan berjualan di Pasar Sentral, mama-mama sempat ragu karena mengkhawatirkan pembeli yang mungkin saja enggan berkunjung karena lokasi yang cukup jauh yang menyebabkan jualan mereka tidak laris.

“Kalau sudah dekat malam itu baru orang banyak datang untuk beli disini, jadi sore-sore baru Mama-mama semua datang bawa jualan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, fasilitas yang disediakan di Pasar Sentral juga sangat memadai seperti lampu dan toilet umum. Tidak hanya itu, security juga berjaga 24 jam disana.

“Fasilitas semua bagus, tapi kami mau itu Pemerintah mereka awasi rutin agar tidak cepat rusak,” ujarnya. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment