PAW PGI Papua untuk Persiapan PON XX

Bagikan Bagikan
Pengurus inti Persatuan Golf Indonesia Provinsi Papua (Ketua Richard Waromi (Tengah), Waket II Viktor Kabey(Kanan) dan Waksek Denny Tikwula(Kiri))
SAPA (TIMIKA) - Persatuan Golf Indonesia (PGI) Provinsi Papua telah mengangkat Pengurus Pergantian Antar Waktu (PAW) masa bhakti 2014-2018 untuk mengisi posisi pengurus yang tidak aktif, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) No. 0062/KU/PGI/IV/2017 yang ditanda tangani oleh Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) PGI, Murdaya Widyawimarta Po.

Ketua PGI Provinsi Papua Drs. Richard Waromi, MBA mengatakan, pihaknya telah mendapat SK dari PB PGI berkaitan dengan PAWnya beberapa pengurus PGI Provinsi. Dan hal tersebut merupakan suatu kehormatan bagi pengurus-pengurus yang baru dipilih dalam rangka mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan diselenggarakan di Papua. 

"Kita dapat SK dari PB PGI Indonesia maka saat ini kita akan melihat bagaimana ke depan agar Papua ini bisa memunculkan bibit-bibit pemain Golf untuk PON XX," kata Richard dalam jumpa persnya di bilangan, Jalan Cenderawasih, Senin (1/5).

Dijelaskan, alasan dipindahkan kepengurusan PGI Provinsi Papua di Timika, karena banyak pengurus yang tinggal di Timika. Selain itu, salah satu cabor yang nantinya akan dipertandigkan di Mimika yakni Golf, sehingga kepercayaan yang diberikan akan dijalanakan sesuai amanat dari PB PGI kepada Pengurus PGI Provinsi dalam penyelenggaraan PON.

"Karena saat ini pengurus Provinsi Papua berdomisili di Kabupaten Mimika, ini suatu kebanggaan yang luar biasa untuk kabupaten ini kita bisa diberikan kepercayaan penuh untuk kepengurusan Golf Provinsi berada di Kabupaten Mimika," jelasnya.

Setelah diterbitkan SKP oleh PBPGI, maka kata dia, pihaknya sudah mempersiapkan program-program yang nantinya akan dilaksanakan dalam mempersiapkan PON 2020, serta menyeleksi atlet-atlet Golf yang dibina di 5 club Golf di Mimika.

"Dari sekarang kami akan persiapan dari seleksi lokal, dan kita akan mulai dari klub-klub yang ada di sini (Timika) yaitu sekitar ada 5 klub," jelasnya. 

Dirinya juga menambahkan bahwa, selain 5 club golf yang ada di Timika untuk diseleksi, pihaknya juga  telah berkoordinasi dengan beberapa club golf yang ada di Jayapura untuk melakukan seleksi secara bersama-sama untuk mencari atlet-atlet berprestasi untuk persiapan PON 2020.

"Dari 5 klub itu, ada atletnya dan disitulah kita akan seleksi mereka. Selain itu ada lagi dari Jayapura ada tiga klub dan kita sudah lakukan komunikasi untuk persiapan PON 2020. bagaimanapun caranya kita harus mendapatkan atlet-atlet yang berprestasi untuk PON 2020," tambahnya.

Namun, menurutnya, pihaknya tidak bisa berjalan sendiri. Artinya, perlu dukungan dari pemerintah dan masyarakat sehingga pegolf yang ada di Papua bisa dibina untuk menjadi pegolf berprestasi.

"Kita tidak bisa jalan sendiri, jadi kita butuhkan dukungan Pemkab Mimika dan pihak-pihak terkait yang ada," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II PGI Provinsi Papua Viktor Kabey menegaskan pernyataan Ketua PGI Provinsi Papua. Kata dia, pengurus PGI Provinsi Papua sudah ada yang diganti, sehingga kantornya telah dipindahkan ke Timika, yakni di Rimba Golf Kuala Kencana, karena lapangan yang nantinya akan dipergunakan untuk pertandingan berada di Timika.

"Pengurus PGI Provinsi Papua itu sudah ada PAW sehingga Home Basenya dipindahkan ke Timika yaitu di Rimba golf. Hal tersebut dilakukan karena untuk menghadapi PON 2020,” jelasnya.

Sementara itu, untuk program yang akan dilaksanakan oleh PGI Provinsi, menurut dia, pihaknya akan memperkenalkan olahraga Golf kepada generasi muda Papua yang masih berusia belia untuk dibina.

 Ia juga mengugkapkan bahwa, selama ini pemikiran masyarakat Papua bahwa olahraga Golf merupakan olahraga kaya, namun pemikiran tersebut harus dirubah sehingga semua orang yang berminat untuk olahraga tersebut bisa menjangkau semua kalangan.

"Untuk program kami ke depan adalah kita akan mengenalkan dahulu olahraga Golf ini. Ini kan olahraga bergengsi yang ada di negara-negara Benua Eropa, tetapi di Papua ini sudah semakin banyak peminatnya," ungkapnya (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment