Pekan Depan, Masyarakat Mimika Sudah Bisa Mengurus e-KTP

Bagikan Bagikan
Suasana antrian masyarakat di Kantor Disdukcapil Mimika
SAPA (TIMIKA) –  Ada kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Mimika, khususnya yang ingin mengurus administrasi kependudukan, seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan yang lainnya. Kegembiraan ini dikarenakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan membuka lagi jaringan sistim pelayanan kependudukan Kabupaten Mimika, serta pengiriman blanko e-KTP yang selama ini menjadi kendala.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Jhon Wiklif  Tegai mengatakan, pada Senin 29 Mei 2017 mendatang, sistim jaringan pelayanan percetakan e KTP dan pelayanan masyarakat yang bersifat elektronik lainnya pada Disdukcapil Mimika, yang selama ini diblokir oleh Kemendagri akan dibuka kembali. Hal ini dikarenakan, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE.,MH telah memberikan Surat Keputusan (SK) resmi kepada dirinya untuk menjabat sebagai Kadisdukcapil.

“Mulai Senin depan, kami sudah bisa melayani masyarakat secara elektornik. Ini dikarenakan, sistim sudah dibuka kembali. Dengan demikian, surat keterangan sementara yang selama ini selalu diberikan kepada masyarakat, tidak akan diberlakukan lagi,”kata Jhon Wicklif Tegai usai penyerahan SK yang dilaksanakan di Ruang Kerja Asisten I, Bidang Pemerintahan, Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Rabu (24/5).

Kata dia, sebenarnya sejak April 2016 lalu pusat sudah memerintahkan dirinya untuk kembali menempati jabatan tersebut. Namun dikarenakan SK baru diserahkan, maka dirinya pun terhitung Senin (29/5) sudah kembali menjabat dan menggantikan Bartolomeus Kunong.

Lanjutnya, dengan penyerahan SK tersebut, maka secara otomatis pusat akan membuka akses. Hal ini dikarenakan, nama Kepala Disdukcapil Mimika pada Ditjen Kependudukan pada Kemendagri  adalah Jhon Wiklif Tegai. Karenanya, sistim jaringan dan fasilitas yang ada untuk sementara di blokir oleh Kemendagri.

“Sebenarnya saya sudah diperintahkan untuk kembali menjabat Kadisdukcapil pada April 2016 lalu.  Namun karena adanya restrukturisasi, mau bagai mana lagi?. Namun dengan SK sudah dikirim ke Bupati ke Kemendagri, maka mulai Senin  nanti saya akan sibuk menandatangani tugas yang selama ini ditinggalkan,”tuturnya.

Ia menambahkan, dari kembalinya dirinya menjabat Kadisdukcapil, maka diimbau kepada masyarakat Mimika tidak usah merasah cemas lagi. Karena semua pelayanan, baik itu e KTP, KK, dan yang lainnya akan normal kembali.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar. Sehingga masyarakat yang ingin urus administrasi kependudukan bisa terlayani dengan baik,”tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment