Pemerintah Distrik Tidak Bisa Kelola Kegiatan Fisik

Bagikan Bagikan
Ananias Faot
SAPA (TIMIKA) – Pemerintah Distrik di Kabupaten Mimika, tahun ini sudah tidak bisa mengelola anggaran untuk pelaksanaan kegiatan fisik. Hal ini dikarenakan, belum adanya pelimpahan kewenangan dari kepala daerah, dalam hal ini Bupati Mimika kepada kepala distrik.

Demikian disampaikan Kepala Distrik Mimika Baru, Ananias Faot saat ditemui wartawan di Kantornya, Jalan Cenderawasih, Rabu (17/5).

“Pemkab Mimika dapat teguran langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Papua saat melakukan pemeriksaan beberapa bulan lalu. Hal ini disebabkan, karena telah membiarkan 18 Distrik mengelola dana untuk kegiatan fisik. Karenanya, tahun ini Pemerintah Distrik tidak bisa kelola,”katanya. 

Ia mengatakan, sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU), Distrik tetap menjadi SKPD dan berhak melakukan kegiatan fisik seperti SKPD pada umumnya.

Akan tetapi, lanjut Ananias, harus disertakan dengan pelimpahan kewenangan dari Kepala Daerah dalam hal ini Bupati Mimika kepada Kepala Distrik.

“Jadi progam kami tahun ini sifatnya hanya rutin dan tidak ada kegiatan fisik. Ini karena pelimpahan kewenangan yang belum diberikan dari Bupati kepada Kepala Distrik,” kata Ananias. 

Ia menuturkan, pada 2016 lalu pihaknya telah melakukan  kegiatan fisik yakni pembangunan garasi, drainase, dan sebagainya. Akan tetapi setelah mendapat teguran, tahun ini Distrik tidak lagi bisa kelola kegiatan fisik. 

“Kegiatan rutinnya hanya pelayanan administrasi, peningkatan kapasitas PNS dan non PNS yang ada di Distrik,” ujarnya. 

Ananias menjelaskan, pelimpahan kewenangan ini di dalam ketentuan Undang-undang nomor 23 dan 32 tahun 2014, selain camat melaksanakan tugas fungsi dan perannya juga memperoleh sebagian kewenangan yang dilimpahkan dari Bupati kepada Kepala Distrik. 

“Seperti, kewenangan yang berkaitan dengan koordinasi. Nah, dasar kewenangan itulah dimuat dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup), dan itu yang belum dilakukan. Kalau itu sudah dilakukan, maka distrik sudah bisa mengelola kegiatan fisik,” jelasnya. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment