Pemkab Mimika Fokus Tingkatkan Akses ke Pedalaman

Bagikan ke Google Plus
Eltinus Omaleng
SAPA (TIMIKA) – Sebagai bentuk pemerataan pembangunan di Kabupaten Mimika, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika saat ini fokus pada peningkatan akses ke pedalaman, baik pesisir dan pegunungan. Sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. 

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng SE., MH saat diwawancarai wartawan usai meresmikan Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), di Poumako, Kamis (18/5) mengatakan, Pemkab Mimika menargetkan akan melakukan pembangunan secara menyeluruh untuk semua aspek bagi masyarakat di pedalaman.

“Target kami semua Distrik di pedalaman dan pesisir itu, semua yang dibutuhkan baik pendidikan kesehatan maupun sarana transportasi dan komunikasi harus tersedia disana,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, untuk mencapai target tersebut, yang pertama harus diperhatikan adalah akses atau sarana transportasi yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk menjangkau daerah-daerah pedalaman, baik melalui laut, darat maupun udara. 

Lanjutnya, seperti pelabuhan yang ada saat ini telah dibangun Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), menjadi salah satu kemajuan langkah Pemkab untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat pedalaman. Dimana dengan adanya pelabuhan, akan memudahkan masyarakat dalam bertransportasi.

“Target 2017-2018, kami harus selesaikan dermaga-dermaga yang ada. Sekarang harus bangun di beberapa distrik lagi. Sehingga kapal yang sudah ada bisa beroperasi,” jelas Bupati.

Bupati menuturkan, jika akses ke pedalaman sudah ada, maka pemerintah juga akan lebih mudah melakukan pembangunan. Karena selama ini kita ketahui bersama salah satu kendala dihadapi dalam pemerataan pembangunan adalah masalah transportasi. Selain itu, kendala yang lain adalah masyarakat sering mengklaim tanah dan juga menyulitkan investor.

“Saya berharap juga agar masyarakat jangan larang-larang kalau ada investor yang mau masuk, mereka juga salah satu perpanjangan tangan pemerintah untuk membangun,” tuturnya.

Selain itu, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di pedalaman, Pemkab juga akan berupaya dalam mengembangkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki agar bagaimana bisa dikembangkan.

“Jadi Koperasi itu juga harus masuk lagi,” ujar Bupati singkat.

Bupati juga merencanakan, dalam waktu dekat akan segera melakukan perbaikan Sekolah Dasar (SD) di Atuka dan membangun Koperasi sesuai dengan permintaan Kepala Distrik Mimika Tengah, Moses Yarangga saat melakukan teleconference dengan Bupati di Kantr ASDP Poumako, Kamis (18/5). 

“Saat ini tranportasi sudah mudah. Nanti kita kesana untuk peletakkan batu pertama pembangunan koperasi dan perbaiki SD itu,” tutur Bupati. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment