Perahu Bantuan Dinkes Belum Sampai ke Ipaya

Bagikan Bagikan
Speed boat bantuan Pemkab Mimika yang diserahkan kepada Puskesmas
SAPA (TIMIKA) - Hingga saat ini masyarakat ataupun petugas pelayan kesehatan di Ipaya masih belum meraskan fasilitas perahu motor, bantuan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika. Padahal, pada 2016 kemarin, Dinkes Kabupaten Mimika telah menyerahkan masing-masing dua perahu motor kepada Puskesmas-puskesmas pesisir untuk digunakan sebagai alat operasional, termasuk merujuk pasien ke Timika.

Petugas kesehatan Puskesmas Pembantu (Pustu) Ipaya, Olianti Yusuf ketika di Wawancarai di Pustu Ipaya, Minggu (14/5) mengatakan, pihaknya selalu mengalami kesulitan untuk merujuk pasien dari Ipaya ke Timika. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya alat transportasi laut atau sungai yang ada di Pustu. 

"Setiap kali ada pasien yang harus dirujuk sangat-sangat sulit untuk cepat dievakuasi ke Timika. Habis mau bagaimana lagi kami tidak ada transportasi,”ungkapnya.   

Kata Olianti, ketika mengalami hala darurat pihaknya terpaksa harus meminjam perahu dan bahan bakar dari para pengusaha untuk digunakan. Sebab jika tidak dilakukan, pasien akan mati jika terlambat ditolong. 

“Kami sudah usulkan di Kapus Amar, tapi tidak digubris. Ada juga perahu-perahu itu hanya diparkir di Poumako saja. Padahal menurut Kadinkes harus dibagi-bagikan ke seluruh pesisir,”tuturnya. (Acik N)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment