Perbaikan Jembatan Kali Mayon Tanggungjawab DPU Provinsi Papua

Bagikan ke Google Plus
Kondisi jembatan Kali Mayon yang jebol
SAPA (TIMIKA) – Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Mimika, Petrus Palli Amba mengakui, kerusakan  Jembatan  Kali Mayon yang dibangun pada 2013 lalu merupakan tanggungjawab penuh DPU Provinsi Papua, sebab jembatan tersebut berada dalam ruas jalan provinsi.

Saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Rabu (24/5) Petrus menjelaskan, ketika menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Provinsi beberapa bulan lalu, dirinya telah melaporkan kerusakan badan jalan termasuk jembatan tersebut kepada Kadis PU Provinsi. Dengan demikian DPU Provinsi mengakui, pihaknya telah masukan dalam perencanaan anggaran untuk dikerjakan dalam tahun ini.

“Perbaikan jembatan dan beberapa badan jalan lain sudah masuk dalam program mereka tahun ini, tapi mungkin karena masih dalam tahap pembenahan administrasi. Itu makanya hingga saat ini masih belum mulai diperbaiki,”ujarnya.

Diakui, pekerjaan perbaikan tersebut termasuk pembangunan yang  melalui proses pelelangan yang juga sepenuhnya dikerjakan oleh DPU Provinsi tanpa melipatkan DPU daerah.

Kata petrus, hingga saat ini pihaknya belum mendiskusikan secara serius bersama DPU Provinsi dalam pengalihan penanganan beberapa aset Provinsi yang berada di Mimika. Sebab menurut dia, hal tersebut butuh waktu dan prosedur. 

“Pemerataan pembangunan secara keseluruhan dalam suatu wilayah khususnya dalam bidang infrastruktur biasanya dilakukan secara merata. Hal ini dikarenakan jika DPU daerah hanya mengerjakan pembangunan jalan dan jembatan yang menjadi wewenang utama, maka kemungkinan dibagian yang menjadi tanggungjawab provinsi akan dibiarkan atau pun pengerjaannya berbeda waktu dan model,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment