Peringatan May Day di Timika Diikuti Ribuan Pekerja.

Bagikan Bagikan
Aser Gobai
SAPA (TIMIKA) - Memperingati 1 Mei yang merupakan hari buruh atau disebut juga "May Day", organisasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) di Kabupaten Mimika akan menggelar aksi yang berpusat di Bundaran Timika Indah.

Ketua DPC SPKEP SPSI Mimika, Aser Gobai, menyampaikan bahwa pihaknya pada hari ini, Senin (1/5), akan menggelar aksi "May Day". Menurut Aser, diperkirakan sebanyak 8.000 pekerja baik dari PT Freeport Indonesia (PTFI) beserta kontraktor dan privatisasi terlibat dalam aksi ini, sebab aksi ini didukung oleh 16 PUK SPKEP SPSI yang berada dibawah naungan DPC SPKEP SPSI Mimika.

"Massa sekitar 8.000an lebih. Nanti aksi kita dengan simpatisan juga," kata Aser Gobai saat diwawancara di gedung Tongkonan, Jalan Sam Ratulangi, Minggu (30/4).

Selain itu, Aser juga mengatakan bahwa aksi May Day bukan hanya diikuti oleh para pekerja seperti dari PTFI, Kontraktor dan Privatisasi, melainkan istri dan anak-anak dari para pekerja akan ikut terlibat dalam aksi ini. "Ada juga ibu-ibu dan anak-anak," ujarnya.

Aksi May Day akan dilakukan SPSI dengan cara konvoi mengelilingi Kota Timika dengan titik kumpul di Bundaran Timika Indah. Bahkan SPSI akan melibatkan tokoh agama dalam aksi ini, sebab selain orasi juga akan diadakan doa bersama.

"Kita mengundang tokoh agama. Jadi aksi ini tidak hanya aksi, kita juga berdoa," katanya.

Tanggal 1 Mei sudah ditetapkan pemerintah sebagai hari libur nasional, sehingga menurut Aser aksi yang dilakukan SPSI ini tentunya tidak mengganggu aktifitas perkantoran di Kota Timika dan sekitarnya.

"Besok (hari ini) itukan menteri sudah sampaikan kepada gubernur, wali kota dan bupati bahwa 1 Mei adalah hari libur nasional. Sehingga kantor-kantor jugakan diliburkan," jelasnya. (Sevianto Pakiding)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment