Pesawat Twin Otter PT Airfast Senggol MAF

Bagikan ke Google Plus
Pesawat jenis Twin 0tter milik PT Airfast menyenggol Radar di bagian ekor pesawt Jenis Grand Caravan Milik MAF
SAPA (TIMIKA) - Wing tipe pesawat jenis twin otter milik PT Airfast menyenggol radar di bagian ekor pesawat jenis grand caravan milik Mission Aviation Fellowship (MAF) di Bandara Mozes Kilangin, Selasa (23/5) siang.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, accident tersebut terjadi saat pesawat twin otter milik PT Airfast bergerak dari area parkir menuju landasan pacu untuk take off.  Saat menuju landasan pacu bandara, pesawat tersebut harus melawati celah antara pesawat grand caravan milik MAF dan pesawat twin otter PT Airfast lain yang sedang parkir.

Saat manufer ke arah kanan, wing tip pesawat Airfast yang dikemudikan Kapten Rizal menyenggol ekor pesawat MAF. Akibat accident ini, pesawat MAF mengalami kerusakan di radar pada bagian ekor. Sementara pesawat Airfast mengalami kerusakan di bagian wing tip sebelah kanan.

"Dapat informasi accident ini, kami langsung ke bandara dan telah melaporkannya ke Otoritas Bandara Wilayah X Kementerian Perhubungan di Merauke. Nanti mereka yang datang untuk investigasi," kata Kabid Perhubunga Udara Dishubkominfo Mimika, Yan S Purba kepada wartawan.

Penyebab terjadinya accident dan pihak mana yang harus bertanggung jawab ditentukan dari hasil investigasi. Terkait pelibatan tim investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam kasus ini akan ditentukan oleh Kementerian Perhubungan.

Pesawat jenis twin otter milik PT Airfast sebelum accident rencananya akan terbang ke Ilaga memuat cargo. Akibat accident, twin otter milik PT Airfast harus menurunkan muatan dan kembali ke area parkir.

"Biasanya pesawat yang terlibat accident dilarang dulu untuk terbang sambil menunggu hasil investigasi. Tapi keputusannya ada di tim investigasi yang nanti turun," jelas Purba. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment