Petugas Record and Report HIV Ikuti Refresh Pengisian SIHA

Bagikan Bagikan
Sekretaris Dinkes Mimika, Reynold Ubra, bersama para peserta refreshing SIHA usai kegiatan di Hotel Serayu
SAPA (TIMIKA) - Petugas Record and Report (RR) pada jejaring Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Mimika mengikuti refreshing pengisian Sistem Informasi HIV-AIDS (SIHA) sebagai  persiapan untuk program desentralisasi ARV.

Kegiatan refreshing ini digelar selama dua hari di Hotel Serayu Timika, Jumat (19/5) hingga Sabtu (20/5). Para peserta mendapat bimbingan langsung dari Konsultan Linkage Program, dr Yanto Lingga.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Reynold Ubra, berharap para peserta kegiatan bisa membagikan ilmu yang diperoleh dari dr Yanto Lingga, yang juga merupakan salah satu anggota tim penggagas SIHA.

"Ilmu yang didapat bagi ke rekan yang lain, supaya jika kebetulan di tempat lain ada rekan yang bisa memback up," kata Reynold usai menutup kegiatan tersebut.

Adapun pencatatan dan pelaporan program HIV Dinkes Mimika, kata dia, telah berjalan rutin dan tepat waktu. Meski pencatatan dan pelaporan pada program lain masih belum dituntaskan.

"Kepada jejaring layanan, program HIV dari layanan yang sudah ada jangan dipisahkan. Lakukan normalisasi Program HIV agar terpadu dan komprehensif," imbuhnya.

Ikut dalam refreshing SIHA ini yaitu petugas RR dari tiga rumah sakit rujukan nasional, satu rumah sakit satelit, delapan Puskesmas satelit, dan staf Instalasi Farmasi Kabupaten Mimika. Para peserta fokus pada pengisian Laporan Bulanan Perawatan HIV dan ARV (LBPHA).

dr Yanto Lingga menegaskan bahwa laporan tidak hanya dibuat tepat waktu, namun juga harus dipastikan valid. Sebab, data yang masuk tidak sekedar dilaporkan, akan tetapoli menjadi dasar perencanaan dan pengmbilan kebijakan pemerintah dari tingkat pusat hingga kabupaten.

SIHA merupakan perangkat lunak berbasis internet yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan untuk manajemen data program HIV–AIDS  di Indoneaia.  Setiap layanan kesehatan langsung mengirimkan data hasil kegiatan ke server Kementerian Kesehatan. (Sevianto Pakiding)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment