Polisi Jaring Puluhan Pelajar Usai Kelulusan

Bagikan Bagikan
Puluhan pelajar saat diamankan di Polres Mimika
SAPA (TIMIKA) – Polres Mimika, menjaring puluhan pelajar yang melakukan konvoi usai kelulusan tingkat SMA/SMK. Puluhan pelajar tersebut terjaring, dikarenakan tidak dilengkapi dengan kelengkapan kendaraan, dan melakukan ugal-ugalan.

Berdasarkan pantauan Salam Papua di lapangan, konvoi puluhan pelajar dihadang sejumlah anggota Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Mimika di depan Kantor Pajak Pratama samping Kantor Pelayanan Polres Mimika (eks Kantor DPRD), di Jalan Cenderawasih, Selasa (2/5).

Para pelajar yang mengendarai sepeda motor itu tidak mengenakan pelindung kepala (helm), melakukan aksi ugal-ugalan, menggunakan knalpot racing, hingga meresahkan pengguna jalan lain.

Kanit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Sat Lantas Polres Mimika, Iptu Noviandriani Gultom mengatakan, ada 52 kendaraan para pelajar berbagai jenis pelanggaran terjaring dalam operasi tersebut.

"Pada saat puluhan pelajar lewat dengan mengendara secara ugal-ugalan ini, kami Sat Lantas dibantu Satuan Sabhara langsung kepung jalan," katanya.

Para pelanggar tersebut langsung dikenakan tilang, beberapa langsung membayar denda melalui fasilitas aplikasi elektronik tilang (E-Tilang). E-Tilang tersebut memudahkan pelanggar membayar denda tanpa harus menunggu persidangan.

Novi menjelaskan, pelanggaran terbanyak ditemukan, yaitu pengendara tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak mengggunakan helm, penggunaan knalpot racing, hingga kelengkapan surat-surat kendaraan.

Menurutnya, penertiban ini dilakukan dalam rangka antisipasi kelulusan anak sekolah terutama yang ugal-ugalan di jalan dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.


"Kami juga bukan hanya memberikan tindakan tilang dalam operasi ini, tetapi juga kami memberikan edukasi atau pembelajaran kepada mereka," pungkasnya. (Sevianto Pakiding)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment