Polisi Nyatakan Sidang Sudiro Berlangsung Kondusif

Bagikan Bagikan
Polisi Saat melakukan Pengamanan
SAPA (TIMIKA) – Sidang perkara dugaan penggelapan iuran anggota serikat pekerja yang menjerat Ketua Pimpinan Unit Kerja (PUK) SPKEP SPSI PT Freeport Indonesia (PTFI), Sudiro (48), dinyatakan berlangsung dengan aman, lancar, dan kondusif. 

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Mimika, Kompol I Nyoman Punia, mengatakan sekitar 350 personel gabungan TNI-Polri diterjunkan dalam pengamanan sidang dengan agenda pemeriksaan saksi, Kamis (4/5). 

“Kekuatan yang kami turunkan terdiri dari 2 SST (Satuan Setingkat Peleton) TNI, 2 SST Brimob Batalyon B Timika, dan 2 kompi (200 personel) Polres Mimika,” kata I Nyoman usai persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika. 

Menurut Nyoman, pengamanan dengan memasang kawat duri sebagai pembatas keamanan (security barrier) cukup efektif. Strategi pengamanan demikian akan terus diterapkan pada sidang-sidang selanjutnya. 

“Minggu depan akan digelar sidang dua kali. Mau tidak mau kami akan tetap amankan. Pengamanan tetap seperti ini, lebih efektif,” ujarnya. 

Sementara itu, terdakwa Sudiro dibawa ke gedung PN Kota Timika dengan pengawalan ketat Tim Khusus (Timsus) Polres Mimika. Sedangkan empat orang saksi dibawa menggunakan kendaraan taktis milik Brimob Batalyon B Timika.

 Adapun ratusan massa pendukung Sudiro tetap memberikan dukungan di setiap agenda persidangan. Meski terhitung dua kali persidangan mereka tidak bisa lagi mendekat ke gedung PN Kota Timika setelah pemasangan kawat duri oleh aparat keamanan. 

Dalam pengamanan tersebut, polisi melakukan rekayasa (pengalihan) arus lalu lintas di pertigaan Jalan Yos Sudarso – Pattimura dan pertigaan Jalan Yos Sudarso – Busiri. 

Humas PN Kota Timika, Fransiscus Y Babthista, mewakili Majelis Hakim mengapresiasi massa pendukung Sudiro yang tetap setia memberikan dukungan, dan sudah bisa menjaga situasi tetap kondusif selama agenda persidangan berlangsung. 

“Kami lihat kita semua sudah bisa menahan diri sehingga persidangan sudah berlangsung cukup aman dan lancar. Tidak seperti sidang sebelumnya,” tutur Fransiscus. (Sevianto Pakiding)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment